BREAKINGNEWS.CO.ID - Pupus sudah harapan Persija Jakarta untuk mentas di ajang Liga Champions Asia 2019. Asa itu musnah seiring dengan kekalahan dari tim Australia, Newcastle Jets pada babak kualifikasi kedua. Berlaga di Stadion McDonald Jones, Australia, Selasa (12/2/2019), Macan Kemayoran tumbang 1-3. Sejatinya, Persija sukses menahan Newcastle Jets hingga waktu normal habis. Keduanya bermain imbang 1-1 pada 90 menit setelah gol dari Ronal Vargas pada menit ke-49 disamakan oleh Ramdani Lestaluhu menit ke-72.

Akan tetapi, pada babak tambahan waktu, gawang Andritany Ardhyasa kebobolan dua kali oleh Nigel Boogaard (101'), dan Matthew Ridenton pada menit ke-120. Usai pertandingan, pelatih Persija, Ivan Kolev mengakui timnya keteteran pada masa tambahan waktu. Stamina yang terkuras pada dua kali 45 menit membuat anak asuhnya kehilangan konsentrasi.

Apalagi, lanjut Kolev, stamina pemainnya sudah terkuras ketika menjalani babak pertama kualifikasi melawan Klub Singapura, Home United di Stadion Jalan Besar, Kallang, (5/2).

"Iya kami punya masalah dengan permainan kami soal endurance. Hal ini karena kompetisi kami (Liga 1 2019) belum mulai karena kami hanya latihan. Sebelumnya, kami juga telah melakukan pertandingan melawan Home United yang menguras tenaga kami," kata Kolev.

Kolev juga mengakui bahwa The Jets memiliki pemain-pemain yang merata kualitasnya. Selain itu, kompetisi yang ketat di Australia menjadi pembanding kekuatan timnya dengan tuan rumah. "Sangat sulit buat kami, semua pemain main bagus. Kedua kami bermain lawan tim yang tampil di kompetisi juga bagus. Sekali lagi saya mau mnegucapkan selamat kepada Newcastle Jets, dan para pemain saya," ucap pelatih 61 tahun itu.

Di sisi lain, dengan hasil ini Newcastle akan menghadapi Kashima Antlers di babak terakhir kualifikasi Liga Champions Asia. Sementara Macan Kemayoran harus rela turun kasta ke kompetisi Piala AFC 2019.

Susunan pemain

Newcastle Jets: Glen Moss; Nigel Boogaard, Ben Kantarovski, Steven Ugarkovic, Dimitri Petratos (Nicholas Cowburn, 105'); Roy O'Donovan, Ronald Vargas (Matthew Ridenton, 80'), Kaine Sheppard (Angus Thurgate, 82'), Daniel Georgievski; Johnny Koutroumbis, Nikolai Topor-Stanley.

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abdurrahman, Dani Saputra (Fitra Ridwan, 78'); Sandi Sute (Septianus Alom, 100'), Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Nasadit (Toni Sucioto, 40'); Riko Simanjuntak, Beto Goncalves (Novri Setiawan, 70'), Marko Simic.