JAKARTA - Pihak Istana Kepresidenan membantah soal foto Presiden Joko Widodo menggunakan kaus #2019GantiPresiden yang menjadi ramai beredar di media sosial. "Hoax banget (Jokowi pakai kaus #2019GantiPresiden)," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Selasa (10/4/2018).

Ternyata, foto asli Jokowi dengan angle yang ramai di medsos itu diambil ketika Jokowi berada di Malioboro, Yogyakarta, akhir Desember 2017 lalu. Saat itu, Jokowi menggunakan kaus putih polos dengan celana hitam panjang.

(Foto: dok. Biro Pers Setpres)

Jokowi juga didampingi putra bungsunya, Kaesang Pangarep, yang berkaus putih polos. Kaus #2019GantiPresiden sedang ramai diperbincangkan. Jokowi sempat menyindir hashtag yang menjadi viral itu.

"Sekarang isunya ganti lagi, isu kaus. #GantiPresiden2019 pakai kaus. Masak kaus bisa ganti presiden? Yang bisa ganti presiden itu rakyat. Kalau rakyat berkehendak bisa, kalau rakyat nggak mau bisa. Yang kedua, ada kehendak dari Allah SWT. Masak pakai kaus itu bisa ganti presiden? Nggak bisa," kata Jokowi saat menghadiri Konvensi Nasional Galang Kemajuan 2018 di Ballroom Puri Begawan, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (7/4/2018).