BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemain sayap Persebaya Surabaya, Irfan Jaya mengaku mengidolakan Hamka Hamzah. Maklum, Irfan Jaya dan Hamka Hamzah merupakan pemain asal Sulawesi Selatan dan sama-sama pernah menimba karier junior di PSM Makassar. Namun, Keduanya berasal dari generasi yang berbeda. Karena, Irfan jaya lebih muda 12 tahun dari Hamka.

Pada Sabtu (6/10/2018), Keinginan Irfan Jaya main bersama idolanya bakal tersampaiakan. Akan tetapi, bukan sebagai rekan satu tim, melainkan lawan. Pasalanya, Hamka Hamzah merupakan kapten dari Arema FC, lawan Persebaya pada pekan ke-24 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Jelang derby Jawa Timur itu, Irfan mengaku sangat antusias. Saya belum pernah bermain bareng dengan Bang Hamka, duel melawan dia juga belum pernah juga. Dia senior saya, sudah berpengalaman juga. Tapi, saya tetap memberikan yang terbaik untuk tim," kata Irfan.

Selain itu, pertandingan ini juga menjadi kali pertama bagi Irfan merasakan Derbi Jatim di kandang Arema. Mantan pemain PSM U-21 itu pun mencoba menerka-nerka situasi di stadion yang diprediksi memberikan tekanan buatnya. "Buat saya ini akan jadi pertama kali melawan Arema di kandangnya. Pasti luar biasa melihat suporter. Saya belum tahu atmosfer di sana bagaimana. Tapi, selama ini bagi saya stadion paling angker adalah kandang PSM (Stadion Andi Mattalatta Mattoangin)," tutur pemain bernomor punggung 41 di Persebaya ini.

Jadi Perhatian Pelatih Arema

Pelatih Arema FC Milan Petrovic mengaku di kubu Persebaya Surabaya, tak hanya David da Silva saja yang sangat berbahaya. Selain striker asing asal Brasil yang sudah mencetak 16 gol dan jadi topskor sementara di Liga 1 itu, ada dua pemain sayap atau winger Persebaya yang dinilai berpotensi menyulitkan langkah Arema FC dikandang. Meski tak menyebutkan siapa winger yang dimaksud, namun bukan rahasia umum lagi jika Persebaya memiliki sosok winger andalan yakni, Irfan Jaya.

Bahkan Irfan sukses membuat pelatih Timnas jatuh hati padanya, hingga yang sebelumnya langganan duduk dibangku cadangan, kini Irfan nyaris selalu jadi starter di Timnas U-23. Sehingga bukan hal yang aneh apabila Arema FC juga memperhitungkan peran Irfan Jaya di Persebaya besok."Persebaya kuat didepan dan juga sayap. Saya melihat disana ada dua hingga tiga pemain penting khususnya posisi winger mereka," ujar Milan Petrovic, Jumat (5/10/2018).

Untuk itu, Milan mengaku telah menyiapkan strategi khusus untuk mengantisipasi pergerakan winger Persebaya yang sering melakukan serangan balik cepat bersamaan dengan gerak David da Silva. "Setiap saat kami bersiap untuk permainan mereka. Selain itu kami juga mencoba strategi baru. Kalau kita main sama, tim lain akan analisa kita," jelasnya.