JAKARTA - Banyaknya keingintahuan kalangan mengenai keberadaan prosesor 10-nanometer Intel generasi terbaru mendatang, tampaknya telah direspon oleh Intel. Menurut “Intel Architecture Instruction Set Extensions and Future Features Programming Reference”, baik Cannon Lake atau Ice Lake mendatang, kabarnya sama-sama akan mengusung dukungan instruksi Advanced Vector Extensions (AVX) 512 (bersama dengan sejumlah instruksi lainnya).

AVX-512 sendiri pertama kalinya muncul di prosesor serta coprosesor Intel Xeon Phi, dan kemudian dilanjutkan pada processor Intel Xeon Scalable. Instruksi tersebut dirancang untuk mempercepat kinerja yang terpusat pada workstation dan server, yang mencangkup banyak hal, seperti simulasi ilmiah, analisis keuangan, pemodelan 3D, pengolahan image dan audio/video, kriptografi, kompresi data, kecerdasan buatan, dan pembelajaran mendalam.

Tetapi dengan makin banyak kelompok terfokus pada AI serta tehnologi deep learning, maka tak salah kiranya kalau Intel terus konsisten untuk berencana menghadirkan model prosesor yang mendukung instruksi-instruksi yang sangat diperlukan tersebut. Berkat hadirnya prosesor seperti Cannon Lake dan Ice Lake yang mendukung berbagai instruksi AVX-512, termasuk AVX512F, AVX512CD, AVX512DQ, AVX512BW, dan AVX512VL inilah, maka praktis membuat para developer akan memiliki kesempatan untuk melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan dengan prosesor Kaby Lake dan Coffee Lake.

Instruksi Intel AVX-512 begitu perlu karena bisa buka kekuatan kemampuan yang lebih tinggi untuk beragam pekerjaan komputasi yang paling menuntut meskipun. Petunjuk Intel menawarkan tingkat dukungan kompilator tertinggi dengan menyertakan tingkat kekayaan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam desain kemampuan instruksi.

Fitu Intel AVX-512 meliputi 32 daftar vektor yang masing-masing dberisi 512-bit dan delapan register mask khusus. Intel AVX-512 adalah seperangkat instruksi fleksibel yang mencakup dukungan untuk broadcast, embedded masking yang memungkinkan predikasi, kontrol embeded pembulatan floating point, menekan embedded kesalahan floating point, penyebaran instruksi, instruksi matematika berkecepatan tinggi, dan representasi kompak dari nilai perpindahan yang besar.

Satu hal yang masih tetap belum juga terang selama ini, apakah instruksi itu juga akan terbatas pada SKU akhir yang lebih tinggi, seperti chip Core i7 atau varian Extreme Edition. Di bagian hardwarenya sendiri, dengan terdapatnya menambahkan support AVX-512 bermakna ukuran die juga akan jauh semakin besar serta biayanya juga lebih tinggi. Sedang untuk support piranti lunaknya, pastinya mesti selalu diperbaharui (atau dibuat) untuk mensupport instruksi AVX-512 yang terbaru.

Disamping itu, Intel beberapa waktu terakhir pernah menunjukkan kehadiran processor Cannon Lake untuk pertama kalinya. Pembuat chip itu beritanya akan selekasnya pasarkan product processor Cannon Lake pertamanya pada akhir tahun, lantas dibarengi dengan produksi masalnya di paruh pertama tahun 2018.