JAKARTA - Intel Corporation telah memperkenalkan kamera 3D RealSense baru dari seri D400, yang diberi nama RealSense D415 dan D435. Kamera ini dirancang untuk pembuat konten, pengembang, dan pendidikan. Kamera tersebut berfungsi memberi kemampuan untuk membangun citra tiga dimensi perangkat ini kompatibel dengan komputer, drone, robotika dan sebagainya. dengan menggunakan sambungan melalui konektor USB.

Seperti yang dilansir dari laman Engadget, Kamera RealSense D415 dan D435 tersebut adalah dua produk kamera yang tergolong dalam kategori depth camera. Kamera ini memiliki fungsi menambah kemampuan sebuah perangkat untuk menampilkan visual dalam tampilan tiga dimensi (3D). Baik D415 maupun D435, mampu memproses gambar 3D secara real time dan mampu bekerja dalam kondisi pencahayaan apapun. Hal ini memungkinkan dua produk anyar ini digunakan pada drone, maupun robot yang berbekal fitur augmented reallity dan virtual reallity.

Pihak Intel mengatakan target pasar dua kamera ini tak hanya pengembang dan produsen, namun juga untuk tenaga pendidik. Adapun D415 dan D435 bisa dipesan secara pre order seharga 149 dolar AS (sekitar Rp 1,98 juta) dan 145 dolar AS  (sekitar Rp 1,93 juta).