JAKARTA - Dalam pemberitahuan perubahan produk dari Intel, mereka sudah merencanakan untuk memberhentikan produksi dua varian prosesor, Kedua prosesor tersebut adalah varian dari Intel Kaby Lake-X series, yakni Core i7-7440X dan Core i5-7640X.

Seperti dilansir dari Extreme Tech, Selasa (1/5/2018), secara berangsur-angsur Intel akan berhenti memproduksi kedua jenis prosesor tersebut mulai 7 Mei 2018. Meskipun pihak Intel tidak menyebutkan alasannya, sebagian besar pihak menilai Intel memang salah strategi.

Intel Kaby Lake-X series, Core i7-7440X dan Core i5-7640X, dihadirkan awalnya sebagai cara untuk menggiring konsumen seperti enthusiast, gamer, atau overclocker ke kelas produk HEDT (High End Desktop).

Meskipun begitu, kedua prosesor seri X tersebut sebetulnya menawarkan kecepatan base frequency yang tidak terlalu besar dan justru berada di bawah prosesor lainnya.

Pada grafik perbandingan spesifikasi yang ditampilkan Extreme Tech, terlihat jelas bahwa kemampuan dua prosesor tersebut kalah dari seri sebelumnya yang dirilis tidak lama setelahnya.

Salah langkah yang dilakukan Intel ini semakin diperjelas saat di Q4 2017 merilis prosesor Coffe Lake yang membawa jumlah Core dan Thread yang jauh lebih banyak. Artinya, belum genap setahun Core i7-7440X dan Core i5-7640X yang hadir dengan 4 Core harus rela dianggap teknologi usang.

Selain itu kedua prosesor tersebut mampu menawarkan performa entry-level HEDT dengan harga terjangkau rupanya juga hanya bisa digunakan pada motherboard X299 yang dibanderol harga cukup tinggi.

Padahal kedua prosesor ini dinilai tidak bisa sepenuhnya mengadopsi fitur dan kemampuan dari chipset di motherboard tersebut. Sejak awal diciptakan, i7-7440X dan Core i5-7640X tidak memiliki posisi yang jelas di antara jajaran produk Intel dan segmen penggunannya.