BREAKINGNEWS.CO.ID - Banyak layanan online yang merilis aplikasi versi lite supaya pengguna dengan smartphone kelas bawah dan internet lambat tetap bisa menikmati layanan mereka. Instagram sekarang bergabung dengan daftar layanan online ini. Mereka diam-diam merilis aplikasi Instagram versi Lite untuk Android yang tersedia di Play Store.

“Aplikasi Instagram Lite, Anda bisa menghemat tempat dalam ponsel Anda dan mengunduhnya dengan cepat, ” tulis deskripsi resmi aplikasi itu. Aplikasi Instagram versi utuh berukuran sekitar 32MB. Ada banyak fitur di dalamnya seperti Direct Message, video call, IGTV dan lain-lainnya. Sementara Instagram Lite hanya berukuran 573 KB dan memiliki fitur inti.

Para pengguna bisa mengunggah foto dengan filter pada Feed dan Stories, menjelajahi tab Explore dan melihat Story. Akan tetapi, Instagram Lite tidak menawarkan direct message, video chat, dan bahkan kemampuan membagikan video.

Seorang juru bicara Instagram berkata kepada TechCrunch jika Instagram Lite diujicoba di Meksiko. “Kami menguji Instagram untuk Android versi baru yang hanya perlu ruang kecil pada perangkat Anda dan perlu data yang lebih sedikit dan mulai lebih cepat,” ujarnya.

Belum ada informasi jika aplikasi lite ini akan menampilkan iklan. Tapi aplikasi itu akan dirilis di lebih banyak negara akhir tahun ini. Pada akhirnya aplikasi ini bisa mengunggah video dan mengirim pesan direct. Beberapa waktu lalu, Instagram dikabarkan akan meriis fitur terbaru yang dinamai 'Music'.

Sesuai dengan namanya, pengguna bisa menambahkan musik atau lagu sebagai background atau latar belakang postingan mereka baik video ataupun gambar di Stories.

Instagram Stories Lebih seru pakai musik

Seperti dilansir dari The Verge, Jumat (29/6/2018), Instagram telah menyediakan ribuan lagu berlisensi yang langsung dapat dipilih di aplikasi. Lagu-lagunya pun tergolong populer, mulai dari penyanyi Bruno Mars, Demi Lovato, hingga Maroon 5. Instagram pun mengatakan setiap harinya akan menambahkan lagu terbaru.

Cara menambahkan fitur music ini pun sama dengan cara ketika ingin menambahkan fitur stiker GIF, Poling atau Lokasi.

Setelah memilih music, pengguna dapat menggeser lagu untuk mendapatkan potongan lagu yang diinginkan untuk dimasukkan ke dalam postingan video atau gambar.

Sebelumnya Instagram bisa menambahkan tautan dalam ke Spotify dalam Stories namun hanya berbentuk gambar tanpa ada suara. Namun, dengan stiker music ini bakal bisa memainkan musik atau lagu.

Selain itu, dengan fitur musik ini pengguna bisa melakukan video lip-sync. Jadi pengguna terlebih dahulu memilih lagu untuk diputar kemudian memilih tombol rekam. Mirip dengan opsi berbasis stiker

Bersamaan dengan fitur ini, Instagram mengumumkan pencapaian baru untuk jumlah pengguna Stories, mereka mengklaim pengguna Stories telah mencapai lebih dari 400 juta pengguna setiap harinya

Fitur stiker musik diluncurkan hari ini untuk iOS dan Android. Namun sayangnya fitur musik ini baru tersedia di beberapa negara saja karena adanya faktor lisensi musik. Meski demikian Instagram tengah berusaha untuk mendapatkan lisensi musik di seluruh negara agar fitur ini dapat digunakan seluruh pengguna di dunia.