BREAKINGNEWS.CO.ID -  Siapa yang tidak kenal Raditya Dika. Seorang stand up comedian, aktor, sutradara, dan influencer. Radit selalu mempunyai cara unik melalui video untuk menyampaikan sesuatu. Hal ini juga yang akan dilakukan untuk memeriahkan Asian Games.

Saat launching Pesona Asian Games 2018, Jumat (6/7/2018), di Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Pariwisata, penulis buku Kambing Jantan itu mengajak netizen ikut menghebohkan Asian Games 2018 di sosial Media. “Saya gemes harusnya orang-orang sudah membicarakan Asian Games 2018. Itu alasanya kenapa saya ikut bergabung dengan Kemenpar. Ikut mempromosikan dengan misi yang sama dengan cara saya. Mari sama-sama kita besarkan Asian Games dengan konten kreatif,” ajak pemilik nama lahir Dika Angkasaputra Moewarni.

Radit sangat antusias untuk menghebohkan Asian Games di lini masa. Lantaran hingga saat ini dia belum mengenal para atlet yang akan membela Indonesia di pesta olahraga empat tahunan itu. “Sebenarnya saya ini belum kenal sama atlet-atletnya. Siapa di cabang mana dan siapa juga prestasinya apa. Dan itu yang membuat saya bergabung. Saya ingin sarana promosinya itu kreatif. dan sejalan dengan keinginan saya,” ujarnya. 

Pemilik akan Instagram @raditya_dika juga memberi tips and trik ke 9,7 juta followersnya untuk bagaimana membuat konten kreatif di sosial media. Seperti yang biasa ia lakukan. “Yang paling penting itu idenya. Pake handphone saja sudah cukup. Sehingga waktu benar-benar dihabiskan saat menulis ide kreatif. Dipikirin frame per frame. Dan bukan saat proses syutingnya yang menghabiskan waktu lama. Sebuah video bisa sangat menarik walaupun set lokasinya walaupun hanya di kamar,” ujarnya.

Pemeran utama film Koala Kumal itu juga berjanji akan mencontohkan dan memposting di akun sosial media miliknya. Agar para pengikutnya ikut aktif hebohkan Asian Games. “Nanti bakal saya posting bagaimana membuat konten kreatif di-timeline saya, dan bukan tik-tok,” pungkasnya.

Kalau sudah siap dengan materi video keren, berarti saatnya ikut lomba video #PesonaAsianGames2018. Syaratnya juga mudah. Buat video se-kreatif mungkin dengan tema Asian Games 2018 (komedi/drama/musikal/dll). Kemudian, upload video ke Facebook dan Youtube  dengan hastag #PesonaAsianGames2018 #LombaVideoAsianGames2018 #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia #Genpi dengan durasi minimal 1 menit maksimal 3 menit.

Upload  juga video teaser ke Instagram. Setiap peserta wajib follow akun IG @GenPI.co, @kemenpar, @pesonaid_travel. Lalu kirim hasil video ke email [email protected] dengan subyek: “Lomba Video #PesonaAsianGames2018” dan cantumkan akun medsos peserta lomba.

Peserta boleh melombakan lebih dari satu video. Periode lomba tanggal 16 Juli – 18 Agustus 2018. Dan ingat, video tidak boleh mengandung unsur politik, hoax dan SARA. Pemenang akan diumumkan pada 24 Agustus 2018.

Selama periode lomba, kurator akan mendata, mengumpulkan, menilai dan mengeliminasi video yang dikirimkan. Juri akan menentukan 20 video teratas untuk dipilih menjadi 3 pemenang mulai tanggal 1 -12 Agustus 2018.

Jangan ragu soal hadiah. Dijamin bikin puas. Juara I akan mendapat uang tunai Rp 50.000.000, Juara II Rp 30.000.000 dan Juara III Rp. 10.000.000. Sementara total hadiah kuis mencapai Rp 20.000.000.

Pemenang juga akan mendapatkan paket wisata liburan ke Labuan Bajo. Selain itu, ada juga voting berhadiah. Nantinya, 100 nama atlet akan divote di Facebook (FB) hingga menghasilkan 10 nama atlet pria dan 10 nama atlet wanita. Atlet dengan jumlah followers terbanyak, menjadi nilai tambah. Kemudian 20 nominator atlet terfavorit Asian Games 2018 yang akan di-vote.

Update perolehan atlet dipublish setiap hari di Facebook/Genpi.co. Cara vote, klik link genpi.co/vote/asiangames, lalu klik foto 1 atlet pria dan 1 atlet wanita. Jangan lupa untuk like and share link.

Hadiahnya, untuk 4 Atlet Terfavorit (2 atlet pria dan 2 atlet wanita) yaitu Paket Wisata Liburan ke Labuan Bajo dan uang tunai Rp 10 juta untuk masing-masing 4 pemenang atlet terfavorit.

Sedangkan untuk para voters akan disediakan merchandise senilai Rp 500.000 untuk 50 voters pemenang undian. Saat proses voting berlangsung, juga akan ada kuis mingguan.

Pemenang (voters) diundi di akhir penghitungan. Selain itu, juga akan ada kuis mingguan dengan hadiah menarik juga. Semuanya total hadiah senilai Rp 20 juta.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, voting atlet dan lomba video ini adalah sebagai wadah dukungan untuk para atlet Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018. Sekaligus untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. "Ini adalah cara kami mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan dukungan kepada atlet kita di Asian Games. Ini juga menjadi apresiasi kita terhadap perjuangan para atlet sekaligus bersama-sama mempromosikan wisata kita," ujar Menpar Arief Yahya.

Menurutnya, momen Asian Games adalah saat yang tepat untuk menjual destinasi wisata. Saat ini, pihaknya telah menyiapkan 75 paket wisata untuk membidik 170 ribu wisatawan mancanegara (wisman) saat perhelatan ajang Asian Games 2018.

Sebanyak 75 paket wisata tersebut menawarkan tujuh destinasi utama, yaitu Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali. “Asian Games 2018 menjadi kesempatan untuk menggenjot jumlah kunjungan wisman tahun ini. Melihat potensinya yang demikian besar, kami optimistis jumlah target wisman tahun ini tercapai," ujar Menpar Arief Yahya.

Berdasarkan data Inasgoc Department Ticketing, Asian Games 2018 akan diikuti 45 negara dengan 15 ribu atlet dan ofisial serta 5.000 media. Perhelatan akbar itu juga akan melibatkan 30 ribu volunteer dan workforce serta ditonton oleh 5 miliar penonton dari seluruh penjuru dunia. Acara ini diperkirakan menghadirkan 150 ribu wisman.

Sementara itu, target wisman yang akan dihadirkan saat perhelatan Asian Games 2018 berjumlah total 170 ribu orang. Angka tersebut diurai dengan komposisi 10 ribu atlet, 5.000 ofisial, 5.000 media, dan 150 ribu penonton.--_

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga angkat suara. Menurutnya, sport tourism event tidak bisa berdiri sendiri. Revenue event olah raga terdiri dari beberapa hal. Seperti 60% dari TV broadcasting, 30% souvenir atau merchandising, 10% tiket sales. Asian Games akan diliput kurang lebih sabanyak 5.000 media, Serta akan disaksikan kurang lebih 5 Miliar penonton dunia. “Ketika ada crowd itu kita harus capitalize. Orang-orang yang followeernya banyak bisa seperti Raditya Dika ini yang bisa mengkapitalisasi itu,” kata Menpar Arief. 

Karena itu, Menpar Arief mendorong agar anggaran untuk promosi Asian Games ditingkatkan. Karena, target wisatawan di Asian Games sangat jelas. “Target Wisman untuk Asian Games 2018 terdiri dari atlet 10.000, ofisial 5.000, media 5.000, penonton 150.000. Total diperkirakan mencapai 170.000 Wisman,” ujarnya.