BREAKINGNEWS.CO.ID – Ketua Dewan Pengarah Inapgoc, Puan Maharani sangat berharap kesuksesan Indonesia di Asian Games 2018 kemarin dapat berlanjut di ajang Asian Para Games yang akan dihelat pada 6-13 September di Jakarta. Oleh sebab itu, ia berharap para atlet difabel Indonesia mampu berbicara banyak, sehingga Indonesia mampu finis di peringkat ketujuh dengan asumsi 19 medali emas.

Puan optimistis atlet Para Games dari Indonesia mampu mencatatkan sejarah manis di pesta olahraga terbesar atlet difabel di Asia. Hal itu disampaikan Puan Maharani, saat menyerahkan api obor Asian Para Games 2018 kepada wali kota Solo, FX Hadi Rudyatmo untuk diarak mengelilingi kota tersebut.

Adapun Api obor Asian Para Games 2018 tersebut diambil dari Mrapen, Rabu (5/9/2018), untuk disulut ke obor pada puncak perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) di Ternate, 9 September 2018. Setelah itu, obor akan diarak melintasi delapan kota di Indonesia sebelum akhirnya finis di Jakarta.

"Kita baru saja sukses menggelar Asian Games 2018. Insya Allah sukses di ajang tersebut juga diikuti sukses di ajang Asian Para Games 2018," kata Puan di Balai Kota Solo, Rabu (6/9/2018). "Ada 41 NPC (National Paralympic Committee, negara peserta -red) yang akan hadir, bertanding di 18 cabang olahraga. Insya Allah bisa tembus tujuh besar," lanjutnya.

Sebelumnya, Ketua NPC Senny Marbun mengatakan Indonesia memiliki beberapa cabang unggulan di Asian Para Games 2018. Cabang olahraga tersebut antara lain atletik, catur, bulutangkis, renang, tenis meja, powerlifting, dan, sepeda. Tentu dengan melihat peluang yang ada pada beberapa cabor tersebut, Indonesia dipastikan dapat memenuhi perolehan medali emas yang ditargertkan.

Sekadar informasi, Asian Para Games 2018 akan digelar di Jakarta, 6-13 Oktober 2018. Sekitar 2.900 atlet dari 41 negara akan memperebutkan 568 medali lewat 18 cabang olahraga.