Oleh :ReTno MALLET dari Paris

BONJOUR Indonesia,  Please Stay at Home

BREAKINGNEWS.CO.ID - Saya sudah hampir 5 tahun stay in France karena suami saya warga negara Perancis. Banyak teman di Indonesia bertanya kenapa Perancis yang begitu disiplin dengan kebersihan dan sebagai negara maju bisa sampai terkena dampak virus corona.

Yang pasti, dari kondisi ini, banyak cerita dari peristiwa yang praktis membuat kehidupan kami berubah total.

Virus ini ga ada hubungannya dengan negara maju atau negara mundur (🤪). Virus corona bertransmisi melalui human contact atau infected things (terutama dgn fasilitas umum). Lockdown di Perancis membuat hidup kita yang menetap di Perancis sangat sulit, disamping banyak juga warga Perancis yang tak acuh dengan bahayanya penyakit ini..

Saya baca dan dapat informasi di tanah air, virus tersebut juga telah beredar, tentu kondisi serupa juga terjadi.

Namun di sini saya mau cerita tentang apa yang terjadi dan alami di Perancis  Intip yukk sebagai perbandingan sehingga Indonesia bisa lebih take care untuk ga membuat keadaan negeri tercinta seperti kita di Perancis...

Apa saja yang terjadi sejak Presiden Perancis Emmanuel Macron mengumumkan lockdown negara Perancis tertanggal 16 Maret 2020 ?.

Pemerintah lockdown selama 15 hari dan pemerintah mengharuskan setiap orang yang keluar rumah harus menyertakan Surat Ijin Keluar berikut alamat karena beberapa alasan 

    1  Ke kantor

    2. Belanja kebutuhan pokok

    3. Ke pharmacy atau  dokter
 
    4. Ijin untuk jogging

 

Jika kita misalnya melanggar aturan misalnya berkumpul di taman, jalan-jalan di tempat umum seperti taman, pantai, jogging atau shopping jauh dari area rumah kita akan terkena denda 135€

Selama lockdown apa aja yang boleh dilakukan dan yang ga boleh dilakukan ?.

Pemerintah melarang warganya untuk :

  --  Keluar rumah kecuali untuk belanja kebutuhan sehari-hari dan itupun cuma bisa ke toko grocery terdekat dari rumah.
  --  Keluar rumah untuk sekedar ngumpul2 di taman, ngobrol di jalan2 umum atau berada di luar rumah tanpa alasan.
   -- Kalaupun untuk shopping (yang paling dekat dengan rumah kita)  dan jogging hanya boleh dilakukan di sekitar rumah .

Pemerintah Macron juga memerintahkan penutupan semua mall, coffee shops, toko2 selain toko grocery.

Apa yang terjadi jika malls, coffee shops dan lainnya tutup?  Bayangkan apa yang terjadi dengan ekonomi di Indonesia jika harus menutup semua toko dan mal di Indonesia?.



Dampak buruk juga dialami oleh para pekerja dan pemilik usaha di Perancis.  Banyak para pekerja yang harus #restezchezvous  alias stay at home selama sebulan tapi bedanya,  di Perancis  negara menjamin gaji para pekerja dan pemilik usaha pemilk seperti coffe shop dll . Mereka tak perlu risau karena negara menjamin gaji para staf. Apa yang terjadi di Indonesia jika Pemerintah harus menutup malls dan banyak pasar?

Apa yang terjadi saat pemerintah membatasi orang untuk beraktivitas? Anak saya yang stay di kota lain ga bisa kembali ke rumah walaupun kuliah libur.

Lockdown ternyata juga berdampak kepada pelayanan kesehatan walaupun di negara maju seperti di Perancis. Banyak rumah sakit dan klinik swasta yang  membatalkan appointment dan apa akibatnya?

Banyak orang yang sakit seperti yang sakit gigi, dan penyakit lainnya yang tidak urgent menurut standar kedokteran dan tidak membahayakan nyawa dan tidak membutuhkan operasi, oleh dokter dan rumah sakit terpaksa membatalkan janji dengan pasien. Kebetulan juga saat ini, saya sedang sakit gigi, juga sakit tendon tangan. Hasilnya, semua appointment dokter itu dibatalkan.

Kebayangkan karena untuk dapat appointment dokter ahli untuk tangan ini, saya harus menunggu lebih dari tiga bulan. Namun sekarang akibat  corona virus, dokter tak punya pilihan lain kecuali menundanya sebulan lagi, dengan catatan keadaan membaik ya..

Oleh karena itu, waspada menjaga diri dan lingkungan sebelum pemerintah memutuskan lockdown karena kalau sudah di lockdown, negara kaya dan maju seperti Perancis pun mengalami penurunan ekonomi walaupun gaji dan semua bahan pokok dijamin pemerintah.

Apakah Pemerintah Indonesia bisa menjamin gaji para pegawai yg terkena dampak corona?  Apa fasilitas rumah sakit sudah mampu mengatasi jika terjadi lonjakan penderita akibat corona? Negara maju seperti Perancis pun kewalahan dalam menghadapi ini.
Sebelum lockdown, korban positif corona 6000 orang dan saat saya menulis berita ini per tanggal 20 Maret 2020  korban yg terkena virus corona lebih dari 11.000 orang. Yang meninggal akibat corona sudah mencapai 300 orang lebih.

BE WISE PLEASE..

Lockdown yourself karena kalau sudah lockdown the city or the worst lockdown the country...we are really in big troubles..

Salam sayang dari 🗼