SOLO - Mudik ke kampung halaman saat lebaran begitu terasa begitu menyenangkan. Apalagi, saat mudik Lebaran bertemu dengan sanak famili beserta teman-teman dan handai taulan. Hal itu juga dirasakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah beberapa hari mudik ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah. Di tengah-tengah liburannya, Presiden Jokowi mengaku memiliki kesan khusus. Kesan apa saja?

Saat berkunjung ke Bangunharjo, Kelurahan Gandekan, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Presiden sempat bertemu dengan seorang ibu. Selain berswafoto dan berbincang-bincang, saat bertemu dengan presiden ketujuh RI, ibu tadi menunjukkan sebuah foto lama. Ibu itu menunjukkan foto bersama Jokowi saat masih menjabat sebagai Walikota Solo. "Di Kota Solo, kemarin siang (Minggu, 17/6/2018), saya sempat mendatangi permukiman warga Bangunharjo di Kelurahan Gandekan, berbincang-bincang dan berswafoto dengan mereka. Seorang ibu masih menyimpan dan menunjukkan foto lama bersama saya saat masih jadi Wali Kota Solo," tulis Jokowi dalam media sosial Facebooknya dengan akun Presiden Joko Widodo yang diunggah pada Senin (18/6/2018).

Selain itu, Jokowi juga terkesan dengan seorang pemilik usaha sablon kaos yang berteu dengan dirinya di Solo. Pemilik usaha sablon kaos tersebut juga menunjukkan sebuah foto berbingkai. Foto tersebut untuk ditandatangani oleh Jokowi.

Setelah diamati, ternyata foto tersebut bergambar dirinya. Di akhir komentar, Jokowi pun menyertakan emoticon tertawa karena melihat foto yang dibingkai tersebut merupakan fotonya sendiri. "Ada juga pemilik usaha sablon kaos yang menyodorkan sebuah foto berbingkai untuk saya tanda tangani. Dan itu ternyata foto saya sendiri," tulis Jokowi. Jokowi mengungkapkan meski waktunya begitu singkat, silaturahmi seusai lebaran begitu indah baginya.

Seperti diberitakan sebelumnya, acara mudik Presiden Jokowi tak hanya sekedar bersilaturahim dengan keluarga dan warga Kota Solo. Jokowi menyempatkan diri bernostalgia di Balaikota Solo yang pernah menjadi kantornya saat ia masih menjabat walikota Solo. "Seperti Anda semua yang mudik, saya pun pulang ke Solo di hari kedua Lebaran untuk sungkem pada Ibu, bersilaturahmi dengan keluarga dan menerima warga," tulisnya.