JAKARTA--Berbeda dengan awal pekan silam, isu perombakan kabinet tak lagi berhembus kencang di awal pekan ini. Perbincangan terkait rencana pergantian atau pergeseran dari sejumlah menteri dari Kabinet Kerja Jokowi & JK tak lagi mengemuka. 

Terkait dengan isu reshuffle kabinet ini, ada penjelasan dari Johan Budi Sapto Prawiro, juru bicara kepresidenan. 

Johan Budi DP kembali menegaskan bahwa sampai saat ini dia belum mendapat informasi detil dari Presiden Jokowi soal reshuffle itu.

"Saya belum dapat informasi valid. Yang ada rumor ya di luar yang begitu santer. Rumor itu kemudian sudah dijawab oleh Bapak Presiden pekan lalu bahwa tidak ada reshuffle sampai hari ini, pekan kemarin," ujar Johan.

Tentu saja, katanya, dalam mengukur kinerja para menterinya apakah memiliki performa yang baik atau tidak, Presiden Jokowi punya ukuran. Selain melihat langsung kinerja pembantunya, juga mendengar masukan pihak lain.

Karenanya mantan pimpinan KPK ini mengatakan, hanya Presiden yang mengetahui kapan perombakan kabinet dilakukan.

Meskipun menjadi isu hangat yang dibicarakan publik, termasuk partai politik pendukung, hal itu menurutnya tidak menjadi ukuran bagi presiden melakukan pergantian menteri.

"Jadi tidak tergantung dari sejauh mana ramainya rumor atau sejauh mana komentar partai-partai pendukung atau partai-partai yang tidak mendukung. Tapi mengganti atau tidak mengganti sepenuhnya hak dan kewenangan dari presiden," tambah dia.