BREAKINGNEWS.CO.ID -  Kegembiraan sudah dipersiapkan bagi masyarakat serta pengunjung yang akan hadir dan menyaksikan Banyuwangi Ethno Carnival 2019 Sabtu (27/7/2019) nanti. Karena pada event yang memakai konsep street carnival ini jalur yang dipilih sudah mengutamakan eksplorasi visual dari pengunjung kepada penampil yang turut serta.

“Banyuwangi Ethno Carnival berkonsep street fashion carnival. Semua lapisan masyarakat akan diajak bergembira menyaksikan event ini. Jangan terlewatkan. Karena BEC 2019 adalah World Class Ethnic Carnival,” papar Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono, Selasa (23/7/2019).

Banyuwangi Ethno Carnival 2019 akan mengambil start di depan Taman Blambangan. Lebih tepatnya di Jalan Veteran. Ada dua stage yang akan dilintasi peserta carnival. Pertama Stage 1 Luh Pangnag, dan Stage 2 Kapal Jong.

Menurut Kabid Pemasaran Area 1 (Jawa) Kemenpar Wawan Gunawan, total karnaval ini akan melewati 10 stage. Lokasinya tersebar di tiga ruas jalan.



“Setelah dari Jalan Veteran, karnaval akan berlanjut ke Jalan PB Sudirman, dan Jalan Jaksa Agung Suprapto. Tepatnya, di depan Stadion Diponegoro. Total, ada 10 stage yang akan dilalui para peserta.” Papar Wawan.

Di jalan PB Sudirman, ada 5 stage yang disiapkan. Ada Stage 3 Nelayan, Stage 4 Setinggil, Stage 5 Pura Blambangan, Stage 6 Raja, dan Stage 7 Putri. Sedangkan 3 stage yang ada di Jalan Jaksa Agung Suprapto adalah Stage 8 Resi Saptamanggala, Stage 9 Kedaton, dan Stage 10 Pusaka Kerajaan.

Sementara Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event 2019 Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, mengatakan kemeriahan yang akan tersaji di Banyuwangi Ethno Carnival 2019 sangat banyak.

“Event ini bukan hanya berisi karnaval. Ada agenda lain yang dijamin tidak kalah seru. Seperti atraksi live music. Ada sejumlah penyanyi yang akan tampil dalam event ini. Dijamin tidak akan membosankan,” papar Esthy.

Performer yang dipastikan tampil adalah Rozi Abdillah, Fitri Tamara, Daeren, dan penyanyi dangdut kebanggaan Banyuwangi, Fitri Carlina. Selain 4 bintang tamu utama ini, 10 panggung yang disiapkan penyelenggara juga menampilkan penyanyi pendukung.

“Selama karnaval berlangsung, ada 10 penggung yang berisi live music. Ini luar biasa, karena hiburan tetap ditampilkan selama acara berlangsung. Ini membuat peserta dan penonton tidak akan merasa bosan mengikuti Banyuwangi Ethno Carnival 2019. Karena, keseruan akan terjadi sejak garis start hingga peserta menyentuh garis finish,” papar Esthy lagi.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya, menilai Banyuwangi Ethno Carnival 2019 akan sangat meriah.

“Banyuwangi Ethno Carnival bukan event sembarangan. Karena, dipilih sebagai Top 10 Wonderful Event. Itu membuktikan kualitasnya. Dalam setiap perhelatan, event ini memang mampu menyajikan kemeriahan. Bahkan menghadirkan wisatawan mancanegara,” papar mantan Dirut PT Telkom itu.

Menurutnya, Banyuwangi Ethno Carnival bisa menjadi barometer untuk fashion street festival di Indonesia.

“Karena dipersiapkan sangat matang sejak jauh-jauh hari. Hal ini membuat promosi menjadi maksimal. Dan wisatawan bisa mengatur waktu perjalanan juga sejak jauh-jauh hari. Persiapan seperti ini sangat dibutuhkan dalam sebuah event yang ingin menghadirkan wisatawan mancanegara,” paparnya.