Jakarta, Cermati tanggal kedaluwarsa kosmetik Anda, termasuk juga maskara. Nekat memakai maskara yang telah lewat tanggal kedaluwarsa dapat buat mata infeksi, bahkan juga sampai buta.

Diambil dari Daily Mail, pakar kesehatan mata Luke Arundel mengatakan kalau didalam satu studi yang diterbitkan di International Journal of Cosmetic Science, sejumlah 97, 9 % peserta memberikan laporan pemakaian kosmetik kedaluwarsa. Product yang paling banyak dipakai yaitu maskara.

Walau sebenarnya berdasar pada analisa mikrobiologi dari 40 sampel maskara yang kedaluwarsa, diketemukan ada bakteri jahat serta jamur yang bisa mengakibatkan infeksi mata.

Oleh karena itu, waktu menggunakan kosmetik Anda butuh meyakinkan kalau product itu masih tetap aman serta belum melalui tanggal kedaluwarsa. Bila telah, jadi fikir 2 x untuk tetaplah memakainya.

Selekasnya tanyakan ke dokter bila lalu Anda alami nyeri pada mata, mata berair, gatal-gatal sesudah memakai maskara yang kedaluwarsa. Mungkin saja itu adalah tanda-tanda dari infeksi akibat pemakaian product kedaluwarsa.

" Beberapa orang malas cek ke dokter serta menahan rasa gatal di matanya sepanjang berbulan-bulan. Walau sebenarnya bila tanda-tanda seperti ini selalu berlanjut, baiknya selekasnya cek ke dokter mata, " tambah Arundel.

Walau Anda terasa pandangan masih tetap baik-baik saja serta tidak terganggu, Arundel menyatakan kalau hanya satu hal yang dapat meyakinkan keadaan mata yaitu dengan lakukan kontrol mata komprehensif.

" Ini adalah hanya satu langkah untuk mendeteksi ada peluang yang lebih serius berlangsung di mata, yang mungkin saja saja dapat menyebabkan kebutaan, " pesan Arundel.