BREAKINGEWS.CO.ID – Bagi beberapa kalangan mungkin menjadi pemain gim profesional adalah pekerjaan yang dipandang sebelah mata di Indonesia. Namun siapa sangka jika penghasilan yang didapatkan para pemain gim ini bisa membuat banyak pihak tercengang.

Dengan hadiah uang yang bisa mencapai ribuan dollar Amerika Serikat di setiap perlombaan, tentu saja pendapatan para pemain di olahraga elektronik (e-Sport) ini bisa dibilang fantastis. Meski secara penghasilan pendapatan pemain gim di Indonesia masih kalah dibanding pemain gim profesional asal AS, Eropa, dan China, geliat pemain gim profesional Indonesia kini terus berkembang.

Berikut ini adalah lima orang pemain gim profesional Indonesia yang berpenghasilan tinggi, bahkan melebihi CEO di perusahaan-perusahaan besar:

1.Hansel `BnTeT` Ferdinand

Hansel atau yang lebih dikenal dengan BnTeT ini adalah satu pemain gim Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) sejak 2013. Dari gim ini, BnTeT mampu meraih penghasilan yang mencapai US$93.906,51, atau setara dengan Rp1,3 miliar.

Hadiah terbesar yang diperoleh BnTeT tercatat di laman esportsearnings.com, terjadi pada tahun 2018 ini. Dari sejumlah kejuaraan ternama dengan hadiah besar yang berhasil ia dapatkan.

Bergabung dengan tim asal China, Tyloo, sejak Januari 2018, BnTet mampu mendapatkan kemenangan besar saat bermain di kejuaraan StarLadder & ImbaTV Invitational Chongqie, US$15 ribu, setara Rp222 juta, dan IEM Season XIII-Shanghai, juara kedua, US$10 ribu, setara Rp148 juta.

2.Kevin `xccurate` Susanto

Kevin merupakan rekan setim Hansel di Tyloo, ia menempati posisi kedua. Sejak bermain CS:GO pada tahun 2017 lalu, penghasilan Kevin tercatat mencapai US$58.727,48, atau setara dengan Rp870 juta.

Tak berbeda rekan setimnya Hansel, dua kejuaraan yang membuat pundi-pundi uang Kevin yaitu StarLadder & ImbaTV Invitational Chongqie, US$15 ribu, setara Rp222 juta, dan IEM Season XIII-Shanghai, juara kedua, US$10 ribu, setara Rp148 juta.

3.Muhammad Rizky `Inyourdream` Anugrah

Bagi para pemain gim Dota2, Rizky merupakan salah sosok yang sangat terkenal di tanah air. Prestasi individu anak bangsa ini terbilang mentereng. Ia berhasil menempati posisi pertama di server Asia Tenggara.

Sempat bermain dengan tim Malaysia, Fnatic pada 2017. Namun kali ini, Rizky pulang ke Tanah Air dan membentuk tim baru yang bernama Boom ID. Kini Rizky sendiri bergabung dengan organisasi gim asal Malaysia, Tigers. Di tim barunya itu prestasi Rizky kian mentereng. Pekan ini ia berhasil mendapatkan hadiah besar saat memenangi ajang DreamLeague season 10 di Swedia. Hadiah sebesar US$25 ribu, setara Rp370 juta sukses ia kantongi.

Total, sejak bermain di kejuaraan Dota 2 pada tahun 2017 lalu, Rizky mampu mengantongi uang sebesar US$38.153,26 atau setara dengan Rp565 juta.

4.Kenny `Xepher` Deo

Selanjutnya ada Kenny `Xepher` Deo atau yang lebih akarab disapa Deo. Ia merupakan rekan satu tim Rizky di gim Dota2. Bermain gim profesional sejak tahun 2016 lalu, perolehan pundi-pundi Deo mencapai US$35.817,04 atau setara dengan Rp530 juta.

Deo berhasil mendapat hadiah besar ketika ia mampu memenangi ajang DreamLeague season 10 di Swedia. Hadiah sebesar US$25 ribu atau setara Rp370 juta mampu dikantonginya.

5.Novan `nexok40` Kristianto

Sementara itu pada posisi kelima ada nama pemain gim Fortnite, Annialis. IP yang terdaftar merujuk ke Indonesia. Tetapi, setelah dicek ulang melalui laman fortnitetracker, akun Annialis merupakan pemain gim asal Amerika Serikat.

Dream menaikkan posisi keenam pemain gim Hearthstone, Novan. Seperi dilansir dari Liquipedia, Novan saat ini bermain di Boom ID. Selama berkompetisi di Hearthstone, Novan mampu menorehkan bonus sebesar US$17.600 atau setara Rp260 juta.

Bagaimana kalian tertarik untuk menjadi pemain gim profesional? Jika kalian tertarik, teruslah berlatih dan mengasah kemampuan kalian pada gim-gim yang kalian sukai. Karena saat ini olah raga eSport sudah semakin menjanjikan. Kedepannya, e-Sport sendiri akan menjadi salah satu cabang olah raga yang akan dipertandingkan di ajang Asian Games bahkan Olimpiade.