BREAKINGNEWS.CO.ID – WhatsApp akhirnya membuka program beta bagi para pengguna iOS. Dengan begitu, para pengguna iPhone dan iPad yang bergabung dalam prgram beta tester ini bisa mendapatkan update fitur WhatsApp lebih awal.

Sebagaimana program beta di Android, program beta di iOS juga terbatas jumlahnya.  Jadi jika ingin bergabung, harus cepat-cepat mendaftarkan diri dengan cara berikut:

Hal yang pertama adalah unduh apliaksi TestFlight di Apple Apps Store atau klik tautan berikut ini. Kemudain jika aplikasi telah terpasang sempurna, klik tautan berikut ini berikut untuk meminta slot penguji beta WhatsApp.

Pendaftaran akan segera diproses. Pengguna kemudian akan diarahkan langsung ke TestFlight. Lanjutkan dengan memilih opsi "Accept" untuk mendapatkan slot. Setelah proses pendaftaran selesai, dan telah menerima undangan untuk bergabung, pengguna iOS langsung bisa mencoba WhatsApp versi beta yang akan ditambahkan ke dalam daftar aplikasi.

Namun harus diingat, saat memasang aplikasi TestFlight, pengguna akan diwanti-wanti akan risiko kehilangan data WhatsApp, seperti foto dan video. Namun seperti lansir dari situs WABetaInfo pada Sabtu (10/11/2018), riwayat percakapan di WhatsApp tidak akan terhapus.

Meski demikian, tidak ada salahnya untuk selalu mencadangkan (backup) chat sebelum melakukan update ke WhatsApp beta. WhatsApp Beta untuk iOS akan sering menerima pembaruan setiap dua hari. Program beta ini juga dibuat untuk melaporkan bug dan masalah yang dialami pengguna beta. Untuk melaporkannya, bisa mengetuk menu "Contact us" di menu "Setting" WhatsApp, kemudian tulis deskripsi singkat tentang masalah yang dialami.

Selajutnya demi memperkuat bukti, pengguna juga bisa melampirkan tangkapan layar (screenshot) tentang masalah yang ingin diadukan. Sebagai informasi, selama ini WhatsApp baru menyediakan program beta untuk platform Android dan Windows Phone saja. Untuk beta Android saat ini telah penuh, dan hanya bisa diunduh melalui APK Mirror.