BREAKINGNEWS.CO.ID - Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), punya cara sendiri untuk menyambut 170 ribu wisatawan saat Asian Games 2018. Pintu masuk wisatawan, atlet hingga official di Jakarta itu saat ini dilengkapi dengan Posko Asian Games 2018 dan sports corner. "Angkasa Pura II, khususnya Bandara Internasional Soekarno-Hatta, merupakan gerbang utama para kontingen untuk memasuki wilayah Indonesia. Maka dari itu, menjadi tugas kami untuk memberikan pelayanan prima bagi kontingen dari negara-negara peserta Asian Games 2018 yang mendarat di bandara ini," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Awaluddin, di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

PT AP II selaku pengelola bandara sangat antusias menyambuat perhelatan 4 tahunan terbesar di Asia itu. Untuk itu Soekarno-Hatta dijadikan pusat informasi serta sarana untuk berkoordinasi antara pihak Angkasa Pura II. Posko utama terletak di terminal 1 B, sedangkan posko satelit berlokasi di terminal 2 E depan baggage claim, serta di terminal 3 kedatangan internasional.

Awaluddin menjelaskan, Soetta juga memiliki sports corner yang merupakan bentuk dukungan perusahaan pada event Asian Games. “Selain sebagai bentuk dukungan Asian Games 2018, sports corner ini juga dapat menumbuhkan kembali jiwa mens sana in corpore sano bagi pengguna jasa bandara. Sebagai official supplier, kami sangat antusias dalam menyemarakkan pesta olahraga terbesar di Asia ini”, lanjut Awaluddin.

Sports corner sendiri berlokasi di terminal 2 dan terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Di terminal 2, sports corner berada pada area check-in hall E dan F. Pada lokasi tersebut, disediakan mini soccer, foosball, serta photo booth bertema olahraga.

Sedangkan di terminal 3, sports corner yang terletak di check-in hall island C dan D, juga tampak meriah karena lebih banyak cabang olahraga yang tersedia, yaitu mini soccer, biliar, tenis meja, juga mini badminton.

Anak-anak pun dapat turut serta dalam memeriahkan Asian Games 2018 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Karena beragam aktivitas bisa dilakukan di area kids corner. Selain itu AP II juga menyiapkan booth-booth leaflet pariwisata serta fasilitas layanan digital di terminal seperti  Digitalway-Finding Kiosk, Statistic map, Wayfinding; juga penambahan Interface Asian Games ke 18 pada Indonesia Airports Mobile Apps.

Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan dua jempol atas kinerja AP II selaku operator 15 bandara di Indonesia. Bandara dipilih sebagai lokasi strategis, lantaran bandara sebagai pintu gerbang utama wisman datang. Wisatawan yang datang langsung disabut dengan Giant Banner. Bagi wisatawan yang menggunakan ponsel juga diberi sambutan melalui pesan di ponsel para wisatawan. “Sehingga jika dilakukan secara terus menerus wisatawan akan percaya dengan Posko Asian Games 2018 dan sports corner ini. Semakin digital semakin personal, Bandara itu titik sentuh pertama wisatawan dengan Kita. Biasanya disebut moments of truth. untuk itu di bandara pertu moment of truth, sehingga bisa menghadirikan kesan pertama bagi wisatawan. Smart, adalah kesan pertama yang diinginkan Kemenpar. Maka dari itu Posko dan pusat Informasi harus menggunakan Teknologi Digital," ujarnya.