BREAKINGNEWS.CO.ID- Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dari Fraksi PKB, Abdul Kadir Karding mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengambil langkah berani menaikan harga BBM Pertamax. Keberanian tersebut kata Karding harus dihargai. 
 
"Terkait kenaikan harga BBM, saya rasa ini adalah langkah berani pak Jokowi yang harus kita hargai. Karena ada usulan dari bawah kalau semua harga jenis BBM akan dinaikkan, tidak hanya pertamax," ujar Karding di Media Center Jokowi-Ma'ruf, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (12/10/2018). 
 
Namun kata Karding, apabila semua jenis BBM dinaikan baik di Jawa maupun di luar Jawa akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Hal tersebut kata Karding sangat beresiko. 
 
"Tapi Pak Jokowi melihat kondisi masyarakat kebanyakan. Ia menghitung kalau (semua) dinaikkan, termasuk premium, di Pulau Jawa maupun luar Jawa, ini akan mempengaruhi daya beli masyarakat dan ini tentu berisiko bagi rakyat di tengah tekanan ekonomi yang dahsyat," katanya. 
 
"Oleh karena itu pak Jokowi memutuskan tidak boleh yang seperti itu terjadi. Hal ini tidak ada kaitannya dengan manajemen. Lebih ke pertimbangan kemaslahatan rakyat. Bahwa ada perbedaan pandangan antarkementerian adalah hal yang biasa dalam demokrasi. Jadi karena mempertimbangkan rakyat. Kalau BBM subsidi naik bagaimana yang di Palu? Lombok?," tukasnya. 
 

Pemerintah menaikkan harga sejumlah produk Bahan Bakar Minyak (BBM) nonsubsidi di dalam negeri pada hari ini Rabu (10/10/2018), mulai pukul 11.00 WIB.

Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignatius Jonan, produk yang naik harganya adalah Pertamax Series dan Dex Series, serta Biosolar Non PSO. Sedangkan harga BBM Premium, Biosolar PSO dan Pertalite tidak naik.

Khusus untuk daerah yang terkena bencana alam di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah sementara ini harga tidak naik.

“Jam 11 ini, harga Pertamax naik, Premium, dan Biosolar tidak naik,” kata Ignatius kepada Tribunnews.com di ruang VIP Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu hari ini.

Penyesuaian harga BBM jenis Pertamax, Pertamax Turbo, Dexlite, Pertamina Dex, dan Biosolar Non PSO merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik.