BREAKINGNEWS.CO.ID - Generasi muda merupakan salah satu poros strategis kemaritiman di Indonesia untuk mengoptimalkan potensi bahari dan maritim. Yayasan Putera Puteri Maritim Indonesia kembali menggelar pemilihan Putera Puteri Maritim (PPMI) 2018.

Selain itu, tentunya juga untuk membantu pemerintah mendidik putera-puteri yang benar-benar mencintai negerinya. Hal ini sejalan dengan visi Presiden Republik Indonesia (RI), Bapak Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Ajang ini merupakan ajang ketiga kalinya diselenggarakan setelah sukses pada tahun 2016 dan 2017 lalu. Sebanyak 66 finalis putra-putri bangsa terbaik terpilih dalam ajang Putera Puteri Maritim Indonesia Tahun 2018.

Yayasan Putera Puteri Maritim Indonesia mengumumkan daftar peserta PPMI 2018 yang terdiri dari 41 finalis Putera dan 25 Finalis Puteri. Seluruh finali akan bersiap mengikuti diklat dan karantina selama 10 hari di Komando Pasukan Katak, Pondok Dayung, Armada 1 Jakarta Utara pada 20 September mendatang.

Ke-66 peserta ini adalah perwakilan dari 28 daerah yang telah lulus seleksi administrasi dan wawancara online. Selama menjalani proses Pendidikan dan Pelatihan, para finalis akan dibekali dengan berbagai macam ilmu dan keterampilan yang akan membantu mereka dalam menjalankan tugas mereka sebagai Putera-Puteri Duta Maritim Indonesia 2018 di kemudian hari.

Materi dan kegiatan selama proses Pendidikan dan Pelatihan diantaranya adalah materi kemaritiman, pariwisata, komunikasi dan informasi, pengenalan diving, public speaking, table manner, beauty class, lingkungan hidup, IPTEK, dan juga bakti sosial di Pulau Edam, Kepulauan Seribu.

Selain itu, para finalis juga dapat mencicipi pelatihan ala militer seperti baris-berbaris, menembak, memanah, dan lainnya yang diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin dan menguatkan mental para finalis. Pada Pendidikan dan Pelatihan ini juga, para finalis akan mendapatkan kesempatan untuk ikut terlibat dalam kegiatan pembersihan sampah di Sunda Kelapa dalam rangka perayaan Hari Maritim pada 23 September 2018.

Pelaksanaan PPMI 2018 didukung oleh banyak pihak, di antaranya Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji. Beliau berharap para Putera-Puteri Maritim Indonesia dapat menjadi agen perubahan yang dapat menghasilkan outputyang sangat berarti untuk pengembangan budaya maritim di Indonesia, dan diharapkan gaung dari kegiatan PPMI ini dapat dirasakan di 10 tahun mendatang.

Putera Puteri Maritim Indonesia 2018.



Pelaksanaan PPMI 2018 juga didukung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan yang berharap bahwa para finalis dapat membantu melakukan kampanye untuk menghentikan penggunaan plastik yang telah menjadi persoalan serius bagi lingkungan dan biota laut.

Setelah menjalani proses Pendidikan dan Pelatihan, para finalis harus membuktikan diri sebagai yang terbaik di ajang Grand Final PPMI 2018 pada 1 Oktober 2018 di Kementerian Pariwisata RI.

Dalam segmen akhir ini, para finalis akan memperebutkan Mahkota dan Piala Bergilir Putera-Puteri Maritim Indonesia. Para finalis juga akan memperebutkan banyak hadiah lainnya, yaitu hadiah uang tunai, trophy, sertifikat, selempang Duta Maritim Indonesia 2018, serta kesempatan untuk mengikuti pelatihan di luar negeri di bawah Kementerian Luar Negeri.

Selain mencari pemenang utama, yaitu Putera-Puteri Maritim Indonesia, dalam kesempatan yang sama Panitia PPMI 2018 juga akan mencari pemenang-pemenang bagi sejumlah kategori lainnya, antara lain Juara Kategori IPTEK, Juara Kategori Favorit, Juara Kategori Wisata Maritim, dan Juara Kategori Lingkungan Hidup.

Seluruh peserta akan menjadi Duta Maritim Indonesia 2018 dan juga akan mendapatkan kesempatan serta tanggung jawab untuk aktif melakukan kegiatan kemaritiman di daerah masing-masing.