BREAKINGNEWS.CO.ID - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri memastikan tidak ada pemain baru lagi pada pemusatan jelang Piala AFF U-22 di Kamboja Februari mendatang. Namun, untuk degradasi akan tetap dilakukan oleh pelatih asal Sumatera Barat itu. Tujuannya, kata Indra untuk menemukan kerangka tim, mengingat semakin dekatnya turnamen. Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 telah memasuki pekan kedua pada Senin (14/1/2019).

Pada kesempatan ini, ada tiga pemain baru yakni kiper kiper Nadeo Argawinata (Borneo FC), dan dua gelandang Jayus Hariono (Arema FC) serta M Syafril Lestaluhu (Persib Bandung U-19). Mereka menggantikan posisi tiga pemain lainnya yang dipulangkan Indra yakni kiper PSM Makassar, Hilmansyah, Dalmiansyah Matutu dari Arema FC, dan Yoga Pratama dari PSIM Yogyakarta.

Total, Indra Sjafri memiliki 38 pemain, Akan tetapi, yang mengikuti pemusatan latihan hanya 33 pemain. Sebab, ada 3 pemain yang belum bergabung yaitu Ezra Walian (RKC Waalwijk), Egy Maulana Vikri (Lechia Gdansk), dan Saddil Ramdani (Pahang FA). "Kira-kira tanggal 19 Januari nanti mungkin ada degradasi, promosi tidak kami lakukan. Kemunginan nanti setelah AFF. Karena, saya ingin pada minggu ketiga nanti fokus periodesasi untuk AFF," ucap Indra ketika ditemui di Lapangan ABC selepas memimpin latihan.

Hanya saja, Indra belum mau memberikan gambaran posisi mana yang akan dia pangkas nantinya. Sebab, dia masih berhati-hati dalam melakukan pencoretan pemain, supaya tidak terjadi kesalahan ke depannya. "Kita lihat nanti, saya juga tidak bisa jamin, karena kami mencoret pemain sangat hati-hati, Kami takut salah coret, karena pertanggungjawabannya dunia akherat," kata mantan pelatih Bali United itu.

Di sisi lain, Indra mengaku senang dengan prosepek 35 pemain yang mengikuti pemusatan latihan kali ini, Menurutnya, sebagian besar pemain mengalami kemajuan yang pesat. "Saya lihat kemajuan beberapa pemain masih ada beberapa pemain sama. 70 persen ada peningkatan. Karena mereka masuk ke Timnas Indonesia U-22 dalam keadaan libur kan. Kompetisi tidak ada. Jadi pelan-pelan kembalikan kondisi fisik," imbuhnya.

Untuk pemain yang dicoret pada akhir pekan nanti, sejatinya bukan tertutup harapan untuk membela Timnas Indoensia. Pasalnya, pada tahun 2019 ini, di kategori U-22, Indonesia akan mengikuti dua event lainnya selain Piala AFF U-22 17 Februari hingga 2 Maret 2019. Setelah itu, Garuda Muda akan tampil di SEA Games di Filipina, serta Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, di Vietnam.