BREAKINGNEWS.CO.ID -  Eksistensi musik dangdut tetap mendapat tempat tertingi di hati penikmat musik. Selain  banyaknya kemunculan penyanyi dangdut tanah air, para pencipta musiknya pun turut menjadi semakin kreatif dalam menciptakan lagu yang berhasil memikat seluruh kalangan.  Untuk dedikasi itu,  Indosiar siap menghadirkan kembali Indonesian Dangdut Awards (IDA) 2018, untuk menampung seluruh kreatifitas yang telah dilahirkan para musisi aliran ini.

Pegelaran ini sendiri akan dihelat secara live pada Jumat, 12 Oktober 2018 mendatang. “Tahta Tertinggi Dangdut Indonesia” ini akan menghadirkan panggung musik spektakuler dengan taburan kolaborasi spesial dari para bintang – bintang dangdut Indonesia hingga penampilan istimewa dari boyband Korea.

Indonesian Dangdut Awards merupakan sebuah ajang penghargaan bergengsi bagi seluruh insan dangdut tanah air yang pada penyelenggaraannya tahun ini akan dipandu oleh Irfan Hakim, Ramzi, Gilang Dirga dan Uyaina Arshad serta turut dimeriahkan oleh Sang Raja Dangdut Rhoma Irama & Soneta Group bersama Sang Pangeran Dangdut Ridho Rhoma & Sonet2 Band. Sederet penyanyi papan atas tanah air dan para bintang Dangdut Academy, Liga Dangdut Indonesia dan Bintang Pantura juga akan memeriahkan malam penganugerahan ini diantaranya Dewi Perssik, Siti Badriah, Zaskia Gotik, Nassar, Soimah, Erie Suzan, Via Vallen, Sodiq, Jihan Audy, Tasya Rosmala,

Atau sederet alumni ajang Dangdut Academi (DA) Indosiar, seperti

Fildan, Lesti,  Danang,  Putri, Aulia,  Rizki, Ridho, Weni, Rafly, Reza, Ical dan masih banyak yang lain.

Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM mengungkapkan majunya musik dangdut di Indonesia yang kini dikenal hingga ke kancah Internasional tidak lepas dari peran para musisi berbakat tanah air. Pilihan musik dangdut yang masih kuat bertahan sebagai sajian hiburan utama di negeri sendiri bahkan juga menjadi konsumsi publik yang menyebar hingga ke negara tetangga. “Indonesian Dangdut Awards merupakan ajang penghargaan tertinggi dan bergengsi bagi para insan dangdut Indonesia yang turut mengambil andil dalam mengembangkan dan menjaga musik asli Indonesia ini sehingga pantas bila IDA disebut sebagai “Tahta Tertinggi Dangdut Indonesia” tutur Harsiwi.

Pada ajang ini, Indosiar turut melibatkan peranan pemirsa untuk memberikan dukungan mereka terhadap penyanyi maupun penulis lagu dangdut favoritnya. Sebanyak enam kategori Indonesian Dangdut Awards 2018 diantaranya “Lagu Dangdut Terpopuler”, “Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Wanita Terpopuler”, “Penyanyi Dangdut Pendatang Baru Pria Terpopuler”, “Penyanyi Dangdut Solo Wanita Terpopuler”, “Penyanyi Dangdut Solo Pria Terpopuler” dan “Duo/Grup Dangdut Terpopuler” akan ditentukan oleh pemirsa melalui vote sms ke 97288. Sementara empat kategori khusus lainnya juga akan dianugerahkan pada Malam Anugerah Indonesian

Dangdut Awards 2018 yakni “Charity Untuk Pencipta Lagu & Musisi Dangdut”, “Kostum Terbaik”, “Penyanyi Dangdut

Social Media Darling” dan “Lifetime Achievement”.

Kejutan lainnya yang telah disiapkan oleh Indosiar, yakni penampilan boyband Korea yang saat ini sedang viral di Indonesia karena menyanyikan lagu dangdut dengan gaya Kpopnya yaitu GTI yang akan menggoyang panggung IDA berkolaborasi bersama “D’6antengs”. Selain D’6antengs, GTI juga akan berkolaborasi bersama Via Vallen dengan membawakan lagu “Meraih Bintang” bergaya Kpop.