BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana Grup B Piala AFF 2018 menghadapi tuan rumah Singapura. Pertandingan itu akan digelar di National Stadium, Kallang, Jumat (9/11/2018). Pada edisi kali ini, Timnas Indonesia diisi oleh mayoritas pemain jebolan Asian Games 2018.

Pelatih Bima Sakti tinggal sedikit memoles dengan menambahkan beberapa pemain lain d antaranya Fachrudin Aryanto (bek Madura United), Bayu Pradana (gelandang Mitra Kukar), Andik Vermansyah, Riko Simanjuntak (winger Persija), dan Dedik Setiawan (striker Arema FC). Menariknya adalah pada sisi sayap, Bima Sakti memiliki empat pemain yang hampir memiliki karakter yang sama yakni kecepatan.

Keempat pemain itu adalah Febri Haryadi, Riko Simanjuntak, Irfan Jaya, dan Andik Vermansyah. Saat masih era Luis Milla, Febri yang lebih banyak mendapat kepercayaan untuk menempati sisi kiri serangan.

Ia pun bisa dipasangkan Riko yang memang bertugas di sayap kanan selama memperkuat Persija Jakarta. Pengalaman Andik dan kemampuan Irfan juga bisa jadi tambahan yang bagus untuk Indonesia.

Mantan pemain Timnas Indonesia, Indriyanto Nugroho, mengatakan, dengan adanya empat pemain yang memiliki kecepatan itu, Bima Sakti banyak pilihan. "Coach Bima akan mengandalkan permainan dari sisi sayap. Karena, pemain yang dibawa kebanyakan mungil-mungil. Mungkin, kecepatan mungkin akan menjadi andalan," kata Indriyanto kepada Breakingnews.co.id.

Nama-nama seperti Irfan, Andik, Febri, dan Riko kita tahu adalah peman yang memiliki kecepatan sangat bagus. mungkin kelebihan ini yang bakal dimaksimalkan oleh coach Bima," ujarnya, menambahkan.

Menang Asal tak Meremehkan

Indriyanto Nugroho, mengatakan, meski Singapura saat ini tak diunggulkan di Piala AFF 2018, namun Timnas Indonesia tetap harus waspada. Apalagi, untuk kompetisi dua tahunan ini, pasukan Fandi Ahmad melakoni persiapan di Jepang.

Indonesia juga tak boleh meremehkan Singapura. Karena, bagaimanapun, dalam sejarah AFF, Indonesia masih ketinggalan dari Singapura. Dalam delapan pertemuan, timnas Indonesia hanya bisa memenangkan dua pertandingan. Sisanya, 3 kali imbang dan tiga kali kalah.

Peluang besar untuk kita akan mengambil poin penuh di Singapura tapi, kita tidak bisa meremehkan Apalagi, dari 4 pertandingan uji coba Singapura, mereka mampu 3 kali menang dan 1 kali draw. berarti tim ini bagus,' ucapnya.