BREAKINGNEWS.CO.ID – Pertandingan antara Timnas U-19 Indonesia melawan Timnas Jepang di Piala Asia U-19 2018 yang akan digelar pada Minggu (28/10/2018) mendatang, bukan hanya sekedar ujian bagi Timnas U-19 Indonesia, namun kemenangan atas Jepang berarti tiket ke Piala Dunia U-20.

Sebab, team yang berhasil menembus babak semifinal dalam Piala Asia U-19 2018 memiliki hak atas tiket ke Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan tahun depan di Polandia. Berstatus sebagai juara bertahan, Jepang tentu punya pengalaman dan kekuatan lebih baik.

Pemain negeri matahari terbit, juga pernah mengalahkan Timnas Indonesia U-19 dalam pertandingan uji coba di Stadion Utama Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (25/3) lalu. Kala itu Jepang menang dengan skor 4-1. Keunggulan Jepang juga terletak pada pemain. Mereka memiliki Takefusa Kubo alias "Messi dari Jepang". Julukan Kubo itu tidak terlepas dari pengalamannya menimba ilmu di La Masia, akademi Barcelona.

Akan tetapi, dari sisi pemain Indonesia juga tidak kalah. Dari timnas U-19 Indonesia, Egy Maulana Vikri menjadi pemain yang kerap disamakan dengan Lionel Messi. Alhasil, Egy pun mendapatkan julukan "Messi dari Indonesia" dari koleganya.

Egy Maulana Vikri serta Takefusa Kubo akan saling berhadapan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (28/10). Yang menarik, catatan keduanya hingga fase grup Piala Asia U-19 berakhir cukup seimbang. Dilansir dari laman AFC, Egy Maulana tampil dalam tiga pertandingan dan terlibat dalam dua gol timnas U-19 Indonesia, satu gol dan satu assist.

Adapun Kubo, hanya tampil dalam dua pertandingan Tim Samurai Biru serta membuat satu assist untuk timnya. Soal akurasi passing, Kubo lebih unggul dibandingkan Egy Maulana. Kubo mempunyai rata-rata 82,8 persen umpan sukses, sementara Egy hanya 73,4 persen.

Akan tetapi, Egy Maulana unggul dalam hal tembakan ke arah gawang yang jauh di atas Kubo. Egy melepaskan delapan tembakan sepanjang babak grup dan enam di antaranya mengarah ke gawang. Di lain sisi, Kubo membuat tiga tembakan dan hanya satu yang tepat sasaran.

Egy juga unggul dalam akurasi tembakan yang mencapai 75 persen. Kubo, yang lebih efektif memanfaatkan peluang, hanya memiliki 33,3 persen tembakan akurat. bukan sekadar pertandingan Egy vs Kubo, ada 11 pemain di lapangan yang akan mendapatkan dukungan pemain ke 12 atau dengan kata lain penonton.

Indonesia sebagai tuan rumah, tentu lebih diuntungkan dengan dukungan publik sendiri. Skuad Garuda Nusantara juga diuntungkan dalam urusan jam bertanding kala bertemu Jepang. Pertandingan antara Indonesia vs Jepang akan diselenggarakan pada pukul 19.30 WIB. Sejak pertandingan pertama di Piala Asia U-19 2018 Indonesia selalu bermain di jam tersebut.

Oleh karena itu, Egy Maulana Vikri serta kawan-kawan pastinya sudah hafal dengan cuaca serta udara di SUGBK pada malam hari. Timnas U-19 Indonesia membawa bekal kemenangan sempurna saat jumpa Jepang mendatang. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan mampu menang tipis 1-0 atas timnas U-19 Uni Emirat Arab pada pertandingan pamungkas.

Sekaligus menjadi cleansheet pertama skuad Garuda Nusantara dalam lima pertandingan terakhir. Hebatnya, cleansheet sang tuan rumah itu terjadi saat harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-53 menyusul kartu merah yang diterima oleh kapten Nurhidayat Haji Haris. Dukungan untuk timnas U-19 Indonesia dipastikan akan membludak pada pertandingan perempat final. Dukungan penuh dari penonton akan menjadi motivasi tersendiri bagi timnas U-19 Indonesia.

Prediksi Susunan pemain:

Timnas U-19 Indonesia (4-2-3-1): Muhammad Riyandi, Firza Andika, Rachmat Irianto, Kadek Raditya Maheswara Asnawi Mangkualam Bahar, Muhammad Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, Hanis Saghara.

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas U-19 Jepang (4-4-2): Osako Keisuke, Ishihara Hirokazu, Hashioka Daiki, Kobayashi Yuki, Higashi Sunki, Ando Mizuki, Yamada Kota, Ito Hiroki, Kawai Ayumu, Miyashiro Taisei, Hori Kenta.

Pelatih: Kageyama Masanaga.