BREAKINGNEWS.CO.ID - Pada ajang Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara, ASEAN Para Games 2020, kontingen Indonesia mencanangkan target yang tinggi. Skuat Garuda bertekad mempertahankan prestasi gemilang dua tahun lalu, yaitu menjadi juara umum.

Demi bisa menunaikan target tersebut, Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia sudah melakukan kalkulasi jumlah perolehan medali emas yang harus diraih atlet-atlet Merah Putih. Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk ASEAN Para Games 2020, Andi Herman mengatakan, bahwa kontingen Indonesia harus bisa merebut minimal 100 medali emas untuk bisa mengamankan predikat juara umum.

"Dalam rapat kita sepakati pada penyelenggaraan ASEAN Para Games ini kita berangkat full team. Tentu dengan tujuan meraih hasil tertinggi dan mempertahankan prestasi dua tahun lalu yakni juara umum," kata Andi di Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Senin (16/12/2019).

"Ini juga sudah disampaikan Pak Senny (Marbun, Ketua Umum NPC Indonesia) yang telah melakukan pembinaan atlet selama ini. Beliau telah menetapkan target untuk jadi juara umum dengan raihan 100 medali emas," sambungnya.

Pada ASEAN Para Games 2020, Indonesia akan mengirimkan sebanyak 550 orang yang terdiri dari 300 atlet, dan sisanya merupakan ofisial, manajer, tim pelatih, dan pendamping.

Dari jumlah tersebut, Kontingen Indonesia bakal mengikuti 16 dari 17 cabang olahraga yang dipertandingkan di multievent atlet difabel Asia Tenggara tersebut.

"Dari 16 cabor yang diikuti, enam di antaranya diharapkan dapat memenuhi 70 persen perolehan medali Indonesia. Yakni cabor atletik, renang, bulutangkis, catur, tenis meja dan angkat berat," beber Wasekjen NPC Indonesia, Rima Ferdianto.

Sebagai informasi, Indonesia merupakan juara bertahan di ajang ASEAN Para Games. Pada ASEAN Para Games 2017 Malaysia, kontingen Merah Putih jadi yang terbaik setelah mencatatkan 126 medali emas, 75 perak, dan 50 perunggu.

ASEAN Para Games (APG) 2020 akan berlangsung pada 18 sampai 24 Januari tahun depan. Pesta olahraga atlet difabel dua tahunan itu bakal bergulir di tiga cluster yakni Manila, Clark dan Subic.