BREAKINGNEWS.CO.ID - Tim Indonesia berhasil menambah pundi-pundi medali pada hari pertama Asian Para Games 2018, Minggu (7/10/2018). Kali ini medali itu adalah perunggu yang disumbangkan Syuci Indriani dari cabang olahraga renang. Bertanding di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (7/10/2018), Syuci Indriyani finis di posisi tiga pada nomor gaya bebas putri 200 meter (S14). Syuci mencatatkan waktu 2 menit 20.80 detik.

Medali emas lepas ke atlet Jepang, Amisa Kitano dan Mami Inoue dengan catatan waktu 2 menit 17,66 detik. Sedangkan medali perak juga direbut perenang Jepang lainnya, Mami Inoue dengan catatan waktu 2 menit 19,30 detik. Bagi Indonesia, ini menjadi medali ketiga pada perhelatan Asian Para Games 2018. Sebelumnya, Indonesia sudah meraih satu emas dan satu perak.

Medali emas pertama tim Indonesia didapatkan dari cabang olahraga bulu tangkis beregu. putra setelah mengandaskan perlawanan Malaysia 2-1. Dalam pertandingan final di istora Gelora Bung Karno, Minggu (7/10), Indonesia sudah unggul lebih dulu usai memenangi partai pertama. Fredy Setiawan mengalahkan Muhammad Norhilmee 21-6, 21-12.

Indonesia gagal melanjutkan keunggulan setelah kehilangan partai kedua. Pasangan Harry Susanto/Hafidz Briliansyah tumbang di tangan Cheah Liek/Hairul Sabaa 10-21, 17-21. Laga terakhir yang kembali menampilkan duel antara pemain tunggal menjadi partai penentu. Dheva Anrimusthi yang tampil membela Indonesia menghadapi M Faris Ahmad Azri.

Apresiasi Menpora Imam Nahrawi

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, bersyukur atas pencapaian atlet Indonesia yang langsung menyabet tiga medali pada hari pertama Asian Para Games 2018. Ia berharap perolehan sementara ini bisa membakar semangat para atlet lain dalam bertanding. "Hari pertama Alhamdulillah kita bersyukur, per jam 15.40 WIB ini kita mendapatkan 1 emas, 1 perak dari (cabang olahraga) bulu tangkis dan angkat berat. Yakin lah atlet Indonesia juga didukung supporter yang hebat-hebat, yang keren-keren," ujar Imam Nahrawi.