BREAKINGNEWS.CO.ID -  Wonderful Indonesia benar-benar luar biasa. Bayangkan, dari 8 kategori yang ada di ASEANTA Awards for Excellence 2019, Indonesia mampu membawa pulang 5 diantaranya. 4 sebagai juara pertama dan 1 kategori sebagai runner up.

ASEANTA Awards for Excellence 2019, berlangung di Grand Dorsett Subang, Selangor, Malaysia, Kamis (25/4/2019). 8 Kategori yang diumumkan adalah Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN New Tourism Attraction in the Region, Best ASEAN Airline Program, Best ASEAN Marketing & Promotional Program, Best ASEAN Culture Preservation Effort, Best ASEAN Travel Article, Best Hotel Package, dan Best ASEAN Cruise Program

Dari kategori itu, Wonderful Indonesia tampil sebagai juara pertama untuk kategori Best ASEAN Tourism Photo, Best ASEAN Airline Program, Best ASEAN Marketing & Promotional Program, dan Best Hotel Package. Sedangkan untuk kategori Best ASEAN Cruise Program, Wonderful Indonesia menjadi juara kedua.

Hasil ini membuat bangga Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani.

“Hasil yang sangat luar biasa. Ini prestasi yang membanggakan. Karena, kita sangat dominan dalam event ini. Bagaimana tidak, membawa pulang 5 penghargaan dari satu event itu jelas bukan hal yang mudah,” paparnya.

Menurut Rizki, keberhasilan ini menjadi modal buat Wonderful Indonesia untuk bisa merealisasikan target kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2019.

“Keberhasilan ini menambah kepercayaan diri kita untuk berbuat lebih. Termasuk untuk membantu kepercayaan diri untuk merealisasi target kunjungan wisatawan mancanegara,” paparnya.

Sementara buat Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya, keberhasilan ini akan menaikkan posisi pariwisata Indonesia di mata internasional.

“Posisi Wonderful Indonesia akan semakin kuat di luar negeri. Hal ini sangat penting. Karena kita bisa menggunakan keberhasilan ini untuk turut merayu wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Pernyataan tidak jauh berbeda disampaikan Ketua Tim Percepatan Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Vita Datau.

“Kita jelas bangga. Apalagi Wonderful Indonesia menyabet penghargaan The Best ASEAN Marketing dan Promotional Campaign. Ini membuktikan strategi yang telah diterapkan selama ini sudah sangat tepat,” papar Vita Datau.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga ikut bangga dengan pancapaian tersebut. Menurutnya, penghargaan dari ASEANTA Awards for Excellence 2019 akan semakin menaikkan gengsi pariwisata Indonesia di kancah dunia, khususnya ASEAN.

“Yang jelas, penghargaan ini membuat kepercayaan diri kita bertambah. Kita percaya diri bisa bersaing dengan negara lain. Kepercayaanm diri jika pariwisata kita memang yang terbaik di ASEAN, dan salah satu yang terbaik di dunia,” ujarnya.

Dijelaskannya, 5 penghargaan yang diraih dari satu event ini bukan tidak direncanakan. Menurutnya, semua strategi sudah dipersiapkan sejak awal.

“Misalnya untuk promosi dan marketing, kita selalu menyiapkan yang terbaik. Kita selalu mencoba memberikan yang terbaik. Jadi keberhasilan ini diraih karena memang kita menyiapkannya dengan baik. Dan penghargaan menjadi bukti apa yang sudah kita lakukan sudah sangat tepat,” paparnya.


Daftar Penghargaan ASEANTA Awards for Excellence 2019

Best ASEAN Travel Article
1st Winner: Kamboja
2nd Winner: Singapura

Best ASEAN Photo
1st Winner: Indonesia (Good Morning Lombok) dari ASTINDO
2nd Winner: Vietnam

Best ASEAN Marketing & Promotional Campaign
1st Winner: Indonesia (Co-Branding Wonderful Indonesia)
2nd Winner: Filipina

Best ASEAN New Tourism Attraction
1st Winner: Myanmar
2nd Winner: Kamboja

Best ASEAN Airline Program
1st Winner: Indonesia (Citilink Flexi Flight for Customer)
2nd Winner: -

Best ASEAN Cultural Preservation Effort
1st Winner: Myanmar
2nd Winner: Kamboja

Best ASEAN Hotel Package
1st Winner: Indonesia (Samsara Ubud)
2nd Winner: Malaysia
Best ASEAN Cruise Program
1st Winner: Myanmar
2nd Winner: Indonesia (The Seven Seas)