BREAKINGNEWS.CO.ID - Sudah terdapat beberapa negara yang dianggap sukses saat memindahkan ibukota negara. Misalnya Brasil, Malaysia dan Pakistan. Meski pemindahan itu terjadi beberapa tahun lalu, namun dinilai masih cukup relevan untuk dipejari kendali dan hambatan serta keuntungan program tersebut.

Untuk itu, maka Pemerintah Indonesia akan berupaya untuk mencontoh beberapa negara yang dianggap telah sukses memindahkan ibu kota negaranya. Hal ini diutarakan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro.

Menurutnya, pemerintah akan melakukan studi banding ke beberapa negara tersebut. Namun ia belum bisa memastikan kapan studi banding akan dilakukan. Pasalnya saat ini pemerintah masih fokus pada kajian lokasi. Lokasi dari ibu kota sendiri akan segera diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun ini.

"Ya pasti ada (studi banding) tapi nanti, yang penting kita fokus pada kajian lokasi," ujarnya saat ditemui di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (10/7/2019). Bambang juga menjelaskan, pada tahun 2019 pemerintah akan menetapkan lokasi dari ibu kota baru. Kemudian pada tahun 2020, masuk dalam proses perencanaan lebih dalam.

Selanjutnya Kemudian pada 2021-2023 pemerintah akan memulai proses pembangunan. Lalu pada tahun 2024 mulai dilakukan pemindahan pusat pemerintahan secara bertahap. "Pengumumannya (lokasinya) oleh Presiden tahun ini," ungkap Bambang.

Menurut Bambang, alasan pemilihan Kalimantan adalah karena letaknya berada di tengah-tengah. Artinya ibu kota baru ini dekat dengan wilayah dengan wilayah barat dan juga tidak terlalu jauh dari wilayah timur Indonesia. “Kita ingin ibu kota baru itu Indonesia sentris, karena didesain dan dipilih bangsa sendiri,” ucapnya.

Contoh Brasil

Saat ini salah satu negara yang akan dijadikan contoh oleh pemerintah dalam memindahkan ibu kota adalah Brasil. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro mengatakan, baik Brasil maupun Indonesia memiliki kemiripan dari segala aspek. Oleh karena itu, tidak ada salahnya pemerintag mencontoh Brasil dalam memindahkan ibu kota ini.

“Brasil negara yang punya banyak kesamaan meskipun jauh wilayahnya,” ujar Bambang. Beberapa kesamaan yang dipaparkan oleh Bambang adalah dari sisi ekonomi, Indonesia dan Brasil sama-sama anggota dari G-20. Selain itu, Indonesia dan Brasil juga sama sama negara yang sedang berkembang menjadi negara maju.

Sebelumnya   Indonesia dan Brasil sendiri diprediksi akan menjadi negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada 2030 dan 2040. Indonesia sendiri diprediksi akan menjadi negara tiga besar dengan ekonomi terbesar di dunia.

“Sama sama anggota G20. Brasil secara ekonomi juga emerging market. Kita kedua negara potensi dengan PDB terbesar di 2030 dan 2040,” jelasnya. Selain itu, secara luas wilayah juga Brasil memiliki kesamaan dengan Indonesia. Brasil juga menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia sama dengan Indonesia.

 “Wilayahnya juga besar. Otomatis kita belajar dengan negara yang sudah melakukannya. Brasil sudah melakukannya pada 1950an,” kata Bambang.