BREAKINGNEWS.CO.ID – Ketua Umum Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc), Erick Thohir menegaskan kalau harga tiket Asian Games 2018 keseluruhannya ditentukan berdasarkan standar internasional. Ia pun menilai kalau harga tersebut sangat masuk akal jika dilihat dari kelas event yang diselanggarahkan. Asian Games merupakaan ajang olahraga terbesar kedua di dunia setelah Olimpiade atau yang terbesar di Asia. Indonesia dipastikan akan mengunakan kesempatan ini dengan sebaik mungkin untuk menjadi tuan rumah yang baik. Hal tersebut tentu semata-mata untuk menaikan harkat dan martabat Indonesia di mata dunia.

Untuk itu, Inasgoc sebagai pihak penyelenggara bertekat untuk mengemas even bertaraf internasional ini dengan sangat istimewa. Namun tentunya Insgoc pun ingin seluruh masayarat dari segala kalangan dapat menyaksikan langsung jalannya pesta olehraga ini dengan tak memberatkan kantong masing-masing.

Asian Games 2018 dihelat pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang di Jakarta-Palembang. Sementara itu acara opening ceremony sendiri akan dilangsukan di Stadion Utama Gelora Senayan, Jakarta tepat pada tanggal pembukaan. Untuk harga tiket acara tersebut, Inasgoc memasang tarif sebesar 60 dolar AS atau setara dengan Rp 850.000. Menurut Erick, harga tiket tersebut sangat sesuai dengan hajatan tersebut dan semua harga tiket itu merupakan harga standar yang telah ditentukan oleh Olimpiade Council of Asia (OCA).

“Harga tiket Asian Games baik itu untuk opening ceremony, pertandingan dan closing sudah kita tentukan berdasarkan standar internasional yang ditentukan oleh OCA. Dan kita juga sudah melakukan riset bersama lembaga risetrs mengenai penentuan harga tiket yang baik. Tentu kalau kita melihat harga yang tercenangkan itu adalah harga yang baik," ungkap Erick saat ditemui di kantor Inasgoc, Senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).  

“Sebagai catatannya, bahwa pertandingan atau even itukan ada yang high, medium, low. Mengapa demikian? Sebab ini juga merupakan bagian untuk antisipasi keamanan, jangan sampai nanti pada pertandingan yang high, keamanannya 100 dan yang juga low 100, itukan pemborosan namanya. Sebab itulah harga tiket bervariasi, antara yang high, medium dan low, Jelasnya.  

“Hal ini juga kan yang terjadi pada turnamen bulutangkis Indonesia kemarin di Istora. Kita bisa lihatkan kalau harganya terus naik dari babak penyisihan hingga final. Saya rasa harga tiket Asian Games juga samalah. Masa kalau konser Celine Dion yang sampai Rp 20 juta antrinya bukan main, sedangkan kita yang Rp 2 juta di-complain..kan tidak adil juga," katanya. 

“Untuk saat ini tiket untuk opening ceremony Asian Games saat ini telah terjual sebanyak 10.000 tiket dari 40.000 tiket yang disedihkan, dan itu dibeli oleh berbagai kalangan. Namun detilnya saya tak belum tahu persisi,” pungkas Erick.