BREAKINGNEWS.CO.ID – Panitia  Pelaksana Asian Games 2018 ( Inasgoc)  akan melibatkan para atlet legendaris Indonesia saat Torch Relay Asian Games 2018 (Kirab Obor Asian Games) yang akan dilakukan di hampir keseluruhan dan Provinsi dan Kota di Tanah Air. Hal ini perlu dilakukan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan langsung kemegahan dari Asian Games yang akan dihelat di Jakarta-Palembang pada 18 Agutus hingga 2 September mendatang.

“Ada hampir 40 atlet legendaris yang akan berpartisipasi di Torch Relay Asian Games ini, ada Tofik Hidayat, Yayuk Basuki, Susi Susanti, Rudy Hartono, Hermenson Ballo dan lain-lain, dan ini tidak hanya kalangan olahragawan saja, adapun beberapa dari kalangan artis juga, biar masyarakat juga senang liat kalau ada artisnya,” kata Erick ketua panitia Inasgoc Erick Thohir saat ditemui di kantor Inasgoc senayan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Torch Relay Asian Games ini akan menyambangi 18 Provinsi dan 53 Kota di Indonesia. Dari kesekian kota tersebut, adapun beberapa kota bersejarah serta kota pariwisata yang terdapat di Indonesia ini. “Kita memang sengaja pada Torch Relay ini akan lewati kota-kota bersejarah dan pariwisata, seperti Aceh, Mataram, Raja Ampat, Bali, Bunyuwangi dan Palembang yang juga merupakaan salah satu kota penyelenggara Asian Games itu sendiri,” ungkapnya.

Selain itu, Erick pun menjelaskan jika pengambilan api abadi Asian Games di India akan dimulai pada 15 Juli besok, dan akan dibawa mengunakaan pewasat untuk diterbangkan langsung ke Indonesia. “Insyaallah pada tanggal 14 saya akan ke India untuk mengambil apinya dan langsung dibawa ke Merapen untuk diterima olah Menpora, Imam Nahrawi dan Ibu, Puan Maharani dan nanti pada tanggal 18 di Prambanan akan diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla dan didukung penuh oleh Panglima dan Angkatan Udara yang juga markasnya di Yogyakarta,” jelasnya.

“Pengambilan api abadi Asian Games di India menggunakan pesawat Boing 737 500 yang disupport oleh Angkatan Udara. Mengapa harus diambil di India? Karena India merupakan negara pertama yang menghelat Asian Games,”terangnya.

Erick pun berharap dengan pelaksanan Torch Relay, seluruh masyarakat Indonesia dapat merasakan langsung kemerihaan dari pesta olahraga terbesar kedua di dunia ini setelah Olimpiade tersebut. “Tentu pelaksanaan Torch Relay ini penting untuk dilaksanakan diberbagai kota, sebab kita ingin Asian Games ini bergemah diseluruh kota-kota di Indonesia ini. Sesuai arahan Presiden yang dimana beliau memimta agar Asian Games ini jangan hanya menjadi bagian dari Jakarta dan Palembang saja, melainkan harus dirasakan oleh seluruh masyrakat Indonesia keseluruhan,” tandasnya.