BREAKINGNEWS.CO.ID – Panitia Pelaksanan Asian Para Games 2018 (Inapgoc) mengaku pihak mereka telah siap menyambut 11 negara yang akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta dengan jumlah total 1.272 atlet dan ofisial. Negara peserta tersebut yakni Filipina, Jepang, Thailand, Kamboja, Irak, Qatar, Taiwan, Vietnam, Singapura, Laos, dan Uni Emirat Arab.

Direktur Arrival, Departure and Logistic Inapgoc, Andrianto Soedjarwo menyatakan bahwa perencanaan untuk menyambut kedatangan 11 negara sudah matang. Ditambahkan, pihaknya berharap dukungan dan kerja sama semua pihak terus terjaga hingga penyelenggaraan Asian Para Games selesai pada 13 Oktober 2018.
"Kami bersiap untuk menerima kedatangan tim dalam jumlah besar. Perencanaan sudah matang. Dalam dua hari pertama ini semuanya berlangsung lancar dan kami optimistis akan terus terjaga demikian dengan dukungan dan kerja sama semua pihak," ungkap Andrianto Soedjarwo dalam keterangan pers, Senin (1/10/2018).

Sebelumnya, hingga Minggu (30/9) malam. Kontingen dari empat negara telah tiba di Tanah Air untuk mengikuti Asian Para Games III tahun 2018. Diawali dengan atlet dan ofisial dari Bahrain yang datang pada hari Sabtu (29/9), selanjutnya disusul Afghanistan, China dan tim tuan rumah Indonesia.

Khusus tim Indonesia, seluruhnya datang dari kota Solo dimana para atlet mengikuti pemusatan latihan sebelum bertolak ke Jakarta. Komite Paralimpik Asia memuji kesiapan Indonesia dalam menerima kedatangan negara-negara peserta ajang olahraga disabilitas multicabang se-Asia ini.

"Kami sangat senang dengan semuanya sejauh ini. Untuk keempat tim yang tiba hari ini, seluruh prosesnya lancar, cepat dan mengesankan, dari penanganan di bandara, transportasi yang mudah diakses hingga sampai ke wisma para atlet. Para atlet menerima sambutan yang sangat hangat dari semua panitia dan relawan dan telah dibuat merasa seperti di rumah. Dan tentu saja sangat menyenangkan melihat tim dalam jumlah besar dari negara tuan rumah tiba dan siap untuk membuat negara mereka bangga," ungkap Juru Bicara APC (Asian Paralympic Committee).

Kontingen dari 43 negara akan datang di Jakarta secara bertahap hingga 4 Oktober mendatang. Sementara tepat hari ini, Wisma Para Atlet akan dibuka secara resmi meski telah beroperasi sejak Sabtu (29/9) saat Bahrain tiba.