BREAKINGNEWS.CO.ID - Uji coba pertandingan alias test event Asian Para Games resmi dibuka pada Rabu (27/6/2018). Ketua Deputi 1 panitia pelaksana Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Taufik Yudi mengatakan pihaknya mendapatkan pelajaran berharga.

"Dari hari pertama dan setengah hari kerdua turnamen ini banyak yang didapat terutama aspek teknis di lapangan yang terikat penuh dengan aturan, kami mendapatkan pelajaran mulai dari hari pelaksanaan sampai jadwal pertandingan, mulai dari tata cara melaksanakan pertandingan, urut-urutan manajer meeting dan lainnya," kata Yudi saat sesi jumpa pers, Kamis (28/6/2018).

"Selain itu,kami juga harus menyiapkan lingkungan internal lapangan, Akreditasi, broadcasting, kedatangan VIP, upacara penghormatan pemenang. Dari sisi venue, akses untuk pata atlet VIP dan penonton yang butuh penanganan khusus. Ini dirancang jauh hari tapi tetap ada yang perlu diperbaiki,' ujarnya, menambahkan.

Pada hari pertama, test even Asian Para Games mempertandingankan cabang para bulutangkis. Yudi mengungkapkan kekurangan-kekurangan bisa diatasi. "Kami akan meminimalisir kekurangan mulai dari akses, teknis dan general lainnya. Dari para bulutangkis, sesudah ini kan ada Indonesia Open. Jadi, kami dari INAPGOC akan datang untuk mengambil pelajaran," bebernya.

Sementara itu, Direktur Sport INAPGOC, Fanny Riawan, mengungkapkan divisanya menyiapkan tigal yaitu mempersiapkan tenaga wasit yang berlisesnsi, persiapan venue pertandingan. "Serta kordinasi dengan lintas terkait. Itu tiga gal penting yang perlu kita fokuskan.

"Jadi di dalam Asian Para Games ini bukan hanya meninggalkan legacy venue yang lebih ramah kepada kaum difabel, juga meninggalkan legacy wasit-wasit yang berlisensi," ujarnya.

Lebih Lanjut, Fanny menegaskan pihaknya tidak takut dengan kesalahan yang terjadi pada Test Event Asian Para Games ini. Karena, lebih baik kami ketahuinya sekarang daripada ketika games times nanti," ucapnya.

Di sisi lain, untuk menggaungkan test event ini, INAPGOC mendatangkan beberapa artis top Indonesia. Kemarin kita datangkan Betrand Antolin, dan Aura Kasih, hari ini ada Mona Ratuliu," bebernya lagi. 

Di sisi lain, Asian Para Games 2018  berkiblat pada pelaksanaan Paralimpiade London 2012 yang dianggap sebagai gelaran terbaik yang pernah digelar dan akan berlangsung pada 6-13 Oktober mendatang.diikuti oleh 42 negara peserta. Mereka akan bersaing dalam 17 cabang olahraga difabel yang dipertandingkan.