BREAKINGNEWS.CO.ID- Partai Golkar telah menggantikan posisi Setya Novanto sebagai Anggota DPR RI dari Dapil II NTT. Pengganti mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut diisi oleh Imanuel Ekadianus Blegur.  Imanuel begitu sapaannya dilantik pada Rapat Paripurna penggantian antarwaktu (PAW) oleh Ketua DPR RI, Bambang Seosatyo di Ruang Paripurna, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Rabu (31/10/2018).
 
Selain Ima Blegur sapaan Imanuel Ekadius Blegur, ada juga tiga anggota DPR RI yang dilantik kemarin masing-masing Agus Makmur Santoso dari Fraksi Partai Golkar menggantikan Agus Gumiwang Kartasasmita yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial, Hassanudin dari Fraksi PPP menggantikan Epyardi Asda dan Abdul Azis dari Fraksi PPP menggantikan Ahmad Damyanti.
 
Pasca dilantik kepada wartawan Imanuel mengaku akan memperjuangkan semua aspirasi masyarakat pada umumnya dan masyarakat NTT khususnya sesuai komisi dimana dirinya akan ditempatkan.
 
"Yah, pertama-tama saya mau ucapkan limpah terima kasih untuk seluruh masyarakat NTT yang ada di Dapil NTT II yang sudah mempercayakan saya sebagai wakil rakyat. Yang jelas, saya siap memperjuangkan semua aspirasi masyarakat sesuai komisi dimana saya akan ditempatkan oleh fraksi Partai Golkar. Nanti kita lihat di komisi mana saya akan ditempatkan. Program-program kerja di komisi itu jelas harus diperjuangkan untuk kepentingan masyarakat," ujar Imanuel. 
 
Menurut Imanuel, permasalahan yang paling urgen di wilayah NTT saat ini yakni infastruktur, kemiskinan, pendidikan, pertanian, perikanan dan peternakan. Dan salah satu masalah yang juga harus dibenahi yakni pariwisata. 
 
"Saya kira, Pak Gubernur NTT sudah sangat konsisten untuk memajukan dunia pariwisata di NTT. Tentunya, apa yang sudah menjadi komitmen beliau (Gubernur NTT) harus didukung sepenuhnya oleh masyarakat NTT termasuk para wakil rakyat baik yang ada di kabupaten/kota, provinsi maupun DPR RI. Dukungan politis harus diberikan sehingga tekad beliau untuk memajukan dunia pariwisata di NTT bisa tercapai demi kemajuan di Provinsi NTT," katanya. 
 
Sosok Imanuel Blegur
 
Diketahui, Imanuel adalah anak kampung kelahiran Kalabahi, 25 Mei 1963 dengan menghabiskan masa kecilnya di Mutiara Kelurahan Kalabahi Kota, Kecamatan Teluk Mutiara Alor-NTT. Tahun 1969, Suami Marselina Blegur itu memilih studi Sekolah Dasar di SD GMIT Kabir Kecamatan Pantar, tamat tahun 1975, Ia kemudian melanjutkan studinya di SMP N. 1 Kalabahi hingga lulus tahun 1979.
 
Ayah Graha Christi Blegur memperoleh prestasi belajar memuaskan hingga melanjutkan studinya di Kota Kupang, masuk SMA N. 1 Kupang tamat tahun 1982. di tahun yang sama ia mendaftarkan diri masuk perguruan tinggi UNDANA Kupang Fakultas Ilmu Administrasi Negara (FIA) kini FISIP UNC.
 
Sewaktu bermahasiswa, beliau termasuk aktif dalam organisasi kemahasiswaan intra maupun extra kampus. Murid kesayangan Akbar Tandjung itu akhirnya terpilih sebagai Sekretaris GMKI Kupang tahun 1985. Tahun 1987 terpilih menjadi Ketua Cabang GMKI Kupang. Saat masi bermahasiswa, Tahun 1987 ia terpilih sebagai Wakil Sektretaris Depidar SOKSI NTT (organisasi sayap partai Golkar).
 
Tahun 1989 ia lulus dari Universitas Nusa Cendana Kupang dengan prestasi Cumlaude, hingga diangkat menjadi staf pengajar Universitas Nusa Cendana. Sebuah prestasi yang membanggakan bagi orang Alor, karena di jamanmya ada anak muda asal pulau Pantar itu namanya cukup fenomenal di kalangan Kampus dan Gerakan Mahasiswa Kupang.
 
Tahun 1990 ia terpilih menjadi Kabid Kader dan Kerohanian Pengurus Pusat GMKI, hingga di akhir masa jabatannya tahun 1992. Kongres tahun 1992 ia terpilih Ketua Umum PP GMKI periode 1992-1994. Pada Kongres berikutnya Imanuel Ekadianus Blegur terpilih kembali sebagai Ketua Umum GMKI Periode 1994-1996. Sebuah mukjizat Tuhan, karena satu-satunya mewakili NTT duduk di kursi nomor satu GMKI Nasional dua periode. Nama Alor ikut harum di pentas Politik Nasional.
 
Tahun 1991, disamping kesibukannya sebagai PP GMKI, dirinya dipercaya sebagai Wakil Ketua DPD KNPI NTT. Tahun 1993 ia dipercaya Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat DPD I GOLKAR NTT.
 
Tahun 1995-1997 ayah Josua Blegur itu dipercaya menjadi Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Haryono Isman. Tahun 1997-1999, ia masi dipercayakan pada posisi staf khusus Menpora Agung Laksono. Pada tahun yang sama ia menjadi Anggota MPR RI, utusan golongan.
 
Tahun 1998-2004 Ketua Departemen OKK, DPP Partai Golkar. Disamping kesibukannya sebagai Aktivis Gerakan dan politisi partai Golkar, Anak kampung asal Alor itu masi sisikan waktu melanjutkan studi Magister, hingga tahun 2005 lulus dari Program Pasca Sarjana FISIP UNIVERSITAS INDONESIA.
 
Tahun 1999-2004, Ayah Graha Chrito Blegur itu terpilih sebagai Anggota DPR/MPR RI dari Daerah Pemilihan Flores-Alor. Tahun 2004-2012, Bung Ima dipercaya sebagai Pengurus Perwakilan Gereja Masehi Injili di Timor (GMIT). Disamping kesibukannya, sosok figur rendah hati dan pemaaf itu masi melanjutkan studi Doktoralnya di Universitas Indonesia, hingga di akhir tahun 2012 ia tamat studinya pada Program Pasca Sarjana FISIP UI.