BREAKINGNEWS.CO.ID-Pendiri sekaligus pemilik Eclipse Stable, Ir.Iman Hartono, dan Triwatty Marciano dari APM Equestrian Centre, menjadi dua nama yang sudah disebut-sebut sebagai kandidat Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) 2020-2024. Iman Hartono mewakili entitas kuda pacu, sementara Triwatty Marciano dari komunitas berkuda ketangkasan.

Walau demikian, nama kedua tokoh berkuda nasional tersebut belum sampai ke telinga Alex Asmasoebrata, Ketua Pengprov Pordasi DKI Jakarta yang menjadi ketua tim penjaringan dan penyaringan untuk Munas Pordasi 2020 tersebut.

"Saya baru mendengarnya dari Anda. Belum tahu saya," aku Alex Asmasoebrata, dalam keterangan persnya, Selasa (19/11/2019). Didampingi oleh dua anggota tim penjaringan dan penyaringan lainnya, yakni Jupri Mardi dan KPH.H.Yudanegara, Ph.D, serta Widodo yang mewakili PP Pordasi, Alex Asmasoebrata juga menyatakan, belum tahu apakah dua nama yang disebut di atas akan mendaftar.

"Batas waktu pendaftaran masih cukup lama, jadi bisa saja dua nama yang disebut-sebut itu dan calon-calon lainnya yang berminat, akan mendaftar menjelang batas akhir pendaftaran," ujar Alex. Sebagai bagian dari tim penjaringan dan penyaringan Alex Asmasoebrata sendiri sudah pasti tak bisa mencalonkan diri.

Proses pendaftaran sudah dibuka sejak Selasa kemarin dan ditutup pada Jumat, 3 Januari 2020. Munas Pordasi 2020 sendiri akan digelar secepat-cepatnya 14 hari setelah ditutupnya pendaftaran caketum 2020-2024.

Tim penjaringan dan penyaringan calon ketua umum PP Pordasi 2020-2024 dibentuk melalui rakernas yang digelar Juli 2019 lalu di Bandung. Tim tersebut terdiri dari sembilan orang, dengan rincian tujuh orang mewakili pengprov dan dua dari PP Pordasi. Setelah melakukan sekali pertemuan, pekan lalu, komposisi tim berubah.

Dari Surat Keputusan (Skep) Ketua Umum PP Pordasi, Mohammad Chaidir Saddak, yang ditandangani pada 18 November 2019, komposisi tim terdiri dari H.H.M.S.Alex Asmasoebrata (ketua pengprov Pordasi DKI Jakarta/ketua), Jupri Mardi (PP Pordasi/sekretaris), Ferry M.K.A. Wowor (pengprov Pordasi Sulut/anggota), Sherpa Manembu (PP Pordasi/anggota), Yeyen Rusyana Diyan (pengprov Pordasi Jabar/anggota), Christanti Christiana (pengprov Pordasi Jateng/anggota), K.P.H.H.Yudanegara Ph.D (pengprov Pordasi DIY/anggota), H.Mochammad Ru'i (pengprov Pordasi Jatim/anggota) dan H.Gusrial B.Sc (pengprov Pordasi Sumbar/anggota).

Merujuk dari persyaratan umum terkait calon ketua umum PP Pordasi 2020-2024 tersebut, jika tidak ada kandidat yang siap maju dan bertarung di munas yang direncanakan digelar akhir Januari 2020 di Bandung, Jabar, maka Mohammad Chaidir Saddak dapat dipilih kembali secara aklamasi.

Mohammad Chaidir Saddak sudah memimpin PP Pordasi selama dua periode berturut-turut, yakni 2011-2015 dan 2015-2019, setelah sebelumnya menjadi wakil ketua umum.