BREAKINGNEWS.CO.ID -  Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Maulani, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi menteri PAN dan reformasi birokrasi karena tidak ingin membebani pemerintah atas pilihan PAN pada Pemilu 2019. "Saya telah melakukan komunikasi dengan Asman, beliau menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet pemerintahan Jokowi. Alasannya, pertama, tidak mau membebani pemrrintah ini karena secara politik PAN itu berbeda pilihan dengan koalisinya Jokowi," kata Maulani, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (14/8/2018).

Ia mengatakan, Abnur merasa pilihan politik PAN berbeda maka lebih baik yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai menteri di Kabinet Kerja. Kedua, menurut dia, ini juga menjadi sebuah pelajaran politik dalam rangka untuk mempertahankan fatsun dan menjaga kesantunan serta etika politik. "Kalau ini jadi bagian pembelajaran dalam berdemokrasi dan Asman menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai menteri di kabinet pemerintahan Jokowi," ujar Mauladi.
Selasa ini, Abnur juga sudah bertemu dengan Menteri Sekretariat Negara, M Pratikno, dan telah menyatakan hal itu.

Maulani yakin Jokowi tidak akan keberatan karena ini dalam rangka menjaga fatsun politik dan menjaga keadaban dalam politik. "Kalau kemudian dari parpol berbeda pilihan politik, semuanya harus saling menghormati dan harus menjaga dalam keadaban dalam menyatakan pikirin di media," katanya.

Menurut dia, tidak ada yang dirugikan apabila Abnur mundur dari jabatan menteri karena ini adalah merupakan pilihan politik untuk tidak menjadi beban di pemerintah dan menjaga etika berpolitik.

Seperti diketahui  Asman Abnur maju dalam Pemilu 2019 sebagai bakal calon anggota legislatif dari PAN di Daerah Pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau. Dalam daftar calon sementara (DCS) di laman Komisi Pemilihan Umum (KPU),  Asman Abnur yang tinggal di Kota Batam berada di nomor urut 1 dari empat bacaleg PAN di dapil tersebut.

Kepulauan Riau merupakan dapil yang sama saat Asman Abnur maju sebagai caleg dan terpilih menjadi wakil rakyat di Senayan pada pemilu 2004, 2009, dan 2014. Sebelumnya, Menteri Sekretaris Kabinet Pratikno mengatakan bahwa Presiden RI Joko Widodo akan melakukan "reshuffle" kabinet sebagai konsekuensi koalisi politik.

Asman Abnur adalah menteri yang berasal dari PAN, partai pengusung pasangan Prabowo dan Sandiaga yang merupakan lawan dari pasangan Joko Widodo dan Ma`ruf Amin pada Pilpres 2019. "Kemarin kebetulan bertiga, Pak Presiden, Menteri Sekretaris Negara, dan saya diminta segera memanggil Pak Asman karena bagaimanapun tidak elok kalau kemudian beliau (Asman) ada di dalam pemerintahan, dan Pak Asman sendiri dengan berbesar hati tentunya akan memenuhi itu," ungkap Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Padahal, menurut Pramono, Asman Abnur termasuk menteri yang berprestasi. "Ini `kan pilihan politik yang tidak bisa terhindarkan, keberadaan Pak Asman di dalam pemerintahan selama ini cukup baik. Akan tetapi, karena perbedaan pilihan politik, menjadi berbeda. Kami bertemu, bergabung baik-baik, selesai baik-baik," tutur Pramono. Menurut Pramono, pengganti Asman hanya diketahui oleh Presiden RI Jokowi.