BREKINGNEWS.CO.ID - PT. Akusewa Indonesia Sejahtera (Akusewa) We Are Production (W.AP) berhasil menggelar Hybrid Event Simulation yang berlangsung secara offline dan online di The Westin Hotel Jakarta dan Live Streaming via Aplikasi Youtube dan Zoom Meeting, Sabtu (18/7/2020).

Chief Executive Officer (CEO) Akusewa, Guruh Heriansyah yang membuka langsung acara tersebut bersama Andhika Dwi Wirnason, selaku CEO dari W.AP, mengatakan HYBRID Event adalah terobosan futuristik yang menggabungkan dua metode dalam satu event.

"Hybrid Event merupakan sebuah terobosan futuristik untuk menggabungkan dua metode dalam event yaitu event online dan event offline," ujar Guruh.

Dia menambahkan, hadirnya Hybrid Event sebagai salah satu solusi bagi seluruh pihak yang saat ini terdampak pandemi Covid-19 yang menyebabkan event tersebut dibatalkan ataupun mengalami penundaan. Hybrid Event memberikan pengalaman di mana ketika acara berlangsung tetap dapat dihadiri oleh peserta offline dengan batas maksimal 30 orang dan ketika live streaming peserta online pun tetap dapat melihat keseluruhan peserta offline yang hadir pada acara tersebut.

Metode yang diciptakan oleh Akusewa dan W.AP menggunakan teknologi yang mumpuni yaitu sebuah layar besar di mana para peserta offline maupun online juga dapat melakukan interaksi dua arah.

Co-Founder WAW Professional Multimedia Supplier, Doni Irawan mengatakan, pada kesempatan ini, simulasi Hybrid Event pertama yang ditampilkan adalah 'Product Launch'. Doni juga memperkenalkan sebuah alat bernama Thermal Scanner, sebuah alat pengecekan suhu tubuh secara otomatis ketika para peserta acara sedang berlangsung dalam ruangan.

Hal ini tentunya dapat membuat efisiensi waktu dan juga menghindari adanya antrian panjang apabila dilakukan pengecekan suhu tubuh secara manual.

Selanjutnya ada Founder Akuwedding, Artha M. Soeharto yang menyampaikan 'simulasi Wedding'. “Jika virtual wedding umumnya para tamu online hanya melihat acara tanpa ada interaksi antara pengantin dengan tamu offline yang hadir karena 1 arah. Namun, dengan Hybrid Event semua tamu bisa hadir via digital atau online, sehingga para tamu dapat kita tampilkan di layar LED dan juga para tamu dapat melakukan selfie secara live,” tutur Artha.

Simulasi ketiga yang ditampilkan adalah “Simulasi E-Sports”. Director E-Sports W.AP Group, Chandra menuturkan dengan Simulasi E-Sport para gamers berkumpul secara offline dan online dan para gamer tersebut dapat melihat satu sama lain melalui LED screen. Tidak terbatas hanya itu saja, para gamers pun juga dapat ditonton oleh audience secara online sehingga menciptakan suasana terasa baru dan berbeda.

Akusewa dan W.AP Production juga bekerjasama dengan PT. Bali Multi Sarana (Bali-Event), di mana Hybrid Event tidak hanya dilakukan di Jakarta, namun dapat dilakukan juga di Bali. Martinus Irianto Seko, Direktur dari Bali-Event menyampaikan dukungan dan antusiasme atas terselenggaranya Hybrid Event Simulation. Martinus berharap agar dengan adanya Hybrid Event dapat membuat acara di Bali bisa meningkat dan berjalan kembali seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

Dan juga pendapat dari CEO Promedia Solution selaku distributor Soundsystem dan peralatan terkait Event Bapak Yosua Yan Heriyanto , “Hybrid Event adalah jawaban dan masa depan”, tuturnya saat acara berlangsung.

Acara Hybrid Event Simulation juga menampilkan “Party Future” yang di presentasikan oleh Project Dance Ground, di mana konsep “party” dibuat hybrid dengan menghadirkan studio hybrid dan silent disco concept. Terakhir, acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab dan tagline #thefutureisnow di mana kolaborasi Akusewa dan W.AP sebagai pioneer pertama dalam menciptakan Hybrid Event di Indonesia dengan harapan dapat menjadi jawaban atas keinginan masyarakat Indonesia yang ingin mengadakan acara secara offline maupun online ditengah situasi pandemi Covid-19.