JAKARTA – Tersiarnya kabar meninggalnya legenda bulutangkis Indonesia, Rudi Hartono Kurniawan di media sosial pada Sabtu (10/3/2018) ternyata hanyalah berita bohong atau Hoax. Hal itu dipastikan lewat konfrimasi langsung oleh Ketua Hubungan Masyarakat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Deri Destanto yang mengatakan jika kabar tersebut tidaklah benar adannya.

"Tidak benar ya. Orangnya masih main golf," kata Deri seperti yang terlampir pada laman Tempo melalui pesan WhatsApp, Sabtu malam, (10/3/2018). Rudi Hartono merupakan mantan pebulutangkis tunggal putra andalan tanah air yang pernah mengharumkan nama Indonesia d iberbagai ajang besar bulutangkis internasional. Rudi yang saat ini telah berusia 68 tahun itu tercatat pernah menorehkan kemenangan pada kejuaran dunia tahun 1980 dan menuyabet delapan gelar All England dalam dua dekade sejak 1968.

Kabar meninggalnya Rudy adalah hoax juga ditegaskan oleh Broto Happy wartawan sekaligus pengamat bulutangkis internasional. " Semalam, saya masih ngobrol dengan peraih delapan kali juara All England yang kini berusia 68 tahun tersebut. Ngobrol soal pebulutangkis Korea Selatan, Jung Jae-sung yang meninggal dunia karena serangan jantung. Saya perlu ngobrol dengan Mas Rudy, karena salah satu pahlawan bulutangkis Indonesia ini tahun 1987 pernah menjalani operasi jantung di Jakarta dan diteruskan di Sydney, Australia karena jantung koroner," ucap Broto kepada breakingnews.co.id. "Petang tadi, usai maghrib, saya telepon lagi. Ngobrol lagi soal bulutangkis dengan Mas Rudy."

“Di tengah main golf, saya heran, kok hari ini HP saya berbunyi terus. Saat saya angkat, banyak yang nanya, soal saya. Apakah benar saya meninggal dunia?” aku Rudy lewat telepon, seperti ditirukan oleh Broto. Rudy masih berolahraga. Dia bermain golf di Padang Golf Rancamaya. “Mungkin saya besok akan main golf lagi. Biar yang menyebar hoax, kaget. Yang meninggal kok bangkit dari kubur,” kelakar khas tokoh kelahiran Surabaya, 18 Agustus 1949 ini.


Konon, kalau orang dikabarkan meninggal dunia, akan tambah panjang umur. Sehat terus dan panjang umur, Mas Rudy!