BREAKINGNEWS.CO.ID - Pebulu tangkis ganda putra nomor satu dunia asal Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memenangi duel melawan sesama pasangan dari Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dalam semifinal Hong Kong Terbuka 2018 di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Hong Kong, Sabtu (17/11).

Marcus/Kevin sempat tertinggal di awal gim pertama. Setelah menyamakan kedudukan 4-4, pasangan nomor satu dunia itu mulai meninggalkan perolehan poin sang lawan yang merupakan pemain senior di Pelatnas PBSI Cipayung. Tidak mau kalah dengan sang junior, Ahsan/Hendra berupaya mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan menjadi 8-8 dan 9-9.

Marcus/Kevin unggul 11-9 pada interval gim pertama dan mempertahankan keunggulan serta memastikan kemenangan 21-14 di gim pertama. Pada gim kedua The Minions yang unggul di awal tidak mampu memimpin perolehan poin dengan konsisten. Ahsan/Hendra langsung membukukan poin demi poin dan memimpin 11-5.

Ahsan/Hendra mampu mempertahankan jarak enam poin 14-8 dan perlahan-lahan mendekati pengujung gim kedua, akan tetapi skor pasangan berjuluk The Daddies sempat mandek di angka 18. Setelah skor disamakan Marcus/Kevin, Ahsan/Hendra berhasil bangkit serta mengakhiri gim kedua dengan skor 21-18. Marcus/Kevin langsung membukukan keunggulan di awal gim penentuan dan skor 11-4 menjadi penanda interval pada gim ketiga. Ahsan/Hendra tidak mampu mengejar ketertinggalan dan kedudukan 21-9 menjadi penanda kemenangan Marcus/Kevin di pertandingan semifinal.

Di final, Marcus/Kevin akan menghadapi pasangan Jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, yang mengalahkan wakil Merah Putih lainnya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dua gim langsung dengan skor 24-22 dan 21-15. Marcus/Kevin mendapatkan enam kemenangan dari sepuluh pertemuan dengan Kamura/Sonoda. Pertandingan terakhir yang melibatkan keduanya terjadi pada Oktober dalam final Denmark Terbuka 2018 yang berakhir dengan kemenangan dua gim Marcus/Kevin.

Final Hong Kong Terbuka 2018 menjadi partai puncak ke-10 Marcus/Kevin pada tahun ini. Dari sembilan final sebelumnya, Marcus/Kevin berhasil mendapatkan delapan gelar juara. Tidak hanya Fajar/Rian serta Ahsan/Hendra, Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga tidak berhasil ke final setelah ditundukkan pasangan nomor satu dunia asal Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota 20-22, 21-9, dan 21-12 dalam pertandingan sengit selama satu jam 45 menit.