JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Hinca Panjaitan akan dilantik menjadi anggota DPR RI. Hinca menggantikan anggota Komisi XI Rudi Hartono Bangun yang maju di Pilbup Langkat 2018. Rudi adalah merupakan anggota Fraksi Demokrat dari daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara III.

Selain melantik Hinca, DPR juga akan melantik Nanang Samodra yang juga berasal dari Fraksi Demokrat yang akan menggantikan anggota Komisi VIII Syamsul Luthfi. Selain itu, Yosef B. Badeoda akan menggantikan Wakil Ketua Komisi III Benny K Harman yang mundur sebagai anggota DPR karena maju di Pilgub NTT. Sementara, Syamsul Luthfi juga mundur karena maju di Pilbup Lombok Timur.

Hari ini, Rabu (14/2/2018) DPR RI dijadwalkan akan menggelar sidang paripurna penutupan masa persidangan III tahun sidang 2017-2018 dengan agenda laporan rekomendasi Pansus Angket KPK dan melantik sejumlah anggota Pergantian Antar Waktu (PAW). Selain acara tersebut, belum ada agenda lain yang akan ditetapkan dalam sidang paripurna penutupan. Adapun wacana pelantikan pimpinan DPR yang baru masih menunggu surat dari Fraksi PDIP. Selain itu, pimpinan DPR juga saat ini masih menunggu surat dari pemerintah.