PALEMBANG -- Setelah menunggu tiket 15 kursi untuk maju di Pilgub Sumsel 2018, pasangan calon Herman Deru-Mawardi Yahya akhirnya bisa melanggeng ke Pilkada Serentak 2018. Hal itu setelah pasangan ini mendapatkan dukungan resmi dari DPP Partai Hanura.

"Informasi yang saya terima seperti itu, bukan hanya rekomendasi, tapi SK dukungan langsung. Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan ini," kata Herman Deru, Rabu (20/12/2017).

Sebelum mendapatkan SK dukungan yang ditandatangani langsung oleh Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), dirinya telah resmi mendapatkan dukungan dari Partai Amanat Nasional (PAN) sebanyak enam kursi dan Nasdem sebanyak lima kursi di DPRD Sumsel. Partai Hanura yang memiliki lima kursi di DPRD Sumsel dipastikan menambah kuat dukungan partai menengah untuk dirinya.

"Dengan dukungan ini, tentu menjadi lengkap dukungan kepada saya untuk maju ke Pilgub Sumsel dengan tambahan kursi di DPRD. Total jadi 16 kursi, sebagaimana dibutuhkan untuk dapat maju mencalonkan dengan dukungan partai itu 15 kursi," sambung mantan Bupati Oku Timur dua periode ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, menurut pengamat politik Universitas Sriwijaya Akfitri mengatakan ada tiga partai menengah yang disebut sebagai playmaker dan menjadi penentu kandidat yang akan maju dalam Pilgub Sumsel. Ketiga partai tersebut yakni PKS yang memilik 5 kursi, PKB 6 kursi dan Hanura 5 kursi di DPRD Sumsel.