BREAKINGNEWS.CO.ID – LeBron James telah resmi meninggalkan Cleveland Cavaliers untuk bergabung dengan Los Angeles Lakers pada musim NBA 2018/2019. Kepastian tersebut tersiar ke publik usai agen yang menaungi pemain berjuluk The King James ini, Kultch Sport Group mengumumkannya lewat akun resmi media sosial mereka.

Kepindahan James dari Cavaliers ini bukan yang pertama kalinya. Pebasket berusia 33 tahun tersebut sebelumnya, pernah meninggalkan Cavaliers untuk bergabung dengan Miami Haet pada musim 2010 hingga 2014 silam. Namun pada awal musim 2015, ia kembali lagi ke tim NBA yang bermarkas di Ohio ini.

LeBron James sendiri diketahui menyetujui kontrak kerjasama baru bersama LA Lakers senilai USD 154 juta (Rp 2,2 triliun) dan dengan durasi empat tahun. Dengan bergabungnya James bersama Lakers, maka secara otomatis James akan bermian di Wilayah Barat NBA untuk pertama kalinya selama menitih karier basket profesionalnya. Menginggat Cavaliers dan Heat merupakaan kedua tim yang sama-sama menghuni Wilayah Timur.

Selama berkarier bersama Cavaliers, James tercetat sudah menghantarka Cavaliers untuk lolos empat final NBA berturut-turut dan membantu mereka memenangi gelar untuk pertama kali dalam 52 tahun pada 2016. Akan tetapi, dia tidak bisa mencegah Cavaliers kalah telak 0-4 dari Golden State Warriors di partai puncak pada bulan lalu. Salah satu atlet berpengaruh di Amerika Serikat ini sebelumnya pernah mengaku kalau dirinya tak puas dengan komposisi pemaian Cavaliers. Hal ini juga diperkirakan menjadi salah satu alasannya untuk memilih hengkang dari tim tersebut.

Sementara Lakers tidak berhasil mencapai babak play-off dalam lima tahun terakhir. Rekor untuk tim pemenang 16 gelar NBA itu hanya memenangi 35 dari 82 pertandingan mereka pada musim 2017--2018. Perekrutan James menjadi tambahan kekuatan bagus untuk Lakers setelah mereka gagal mendatangkan Paul George yang memilih bertahan bersama Oklahoma City Thunder. Kini, setelah mendapatkan LeBron, mereka dikabarkan sedang bernegosiasi dengan bintang San Antonio Spurs, Kawhi Leonard.

Lewat instagram story-nya, James mengatakan: “Terima kasih Northeast Ohio untuk empat musim yang luar biasa. Ini akan selalu terasa seperti di rumah.”