BREAKINGNEWS.CO.ID - Hasil perhitungan cepat atau quick count sejumlah lembaga survei ternama menempatkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum menjadi pemenang dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Meskipun demikian, Partai Gerindra menunjukkan hasil quick count yang berbeda yang berasal dari Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI).

Hasil quick count LKPI diperlihatkan oleh Waketum Gerindra Arief Poyuono. LKPI, berdasarkan data yang ditunjukkan Arief, mengambil data quick count dari 2.780 TPS di Jawa Barat yang hasilnya adalah seperti berikut:

1. Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul 30,41 persen.
2. Tb Hasanuddin-Anton Charliyan 11,17 persen.
3. Sudrajat-Ahmad Syaikhu 30,93 persen.
4. Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 27,49 persen.

Direktur LKPI Arifin Nur Cahyono pun juga telah membenarkan hasil quick count itu dari pihaknya. Dia pun lalu menjelaskan alasan hasil quick count-nya berbeda dengan lembaga lain. "LKPI melakukan quick count di TPS yang ada di desa-desa di Jawa Barat, sedangkan lembaga lain terpantau hanya di kota-kota kabupaten dan kota madya. Jumlah TPS yang dijadikan objek quick count oleh LKPI 67,3 persen berada di desa-desa di Jawa Barat," papar Arifin kepada wartawan, Rabu (27/6/2018).

Tidak hanya pada Pilgub Jabar, LKPI juga mengadakan quick count untuk Pilgub Jateng 2018. LKPI menempatkan Ganjar Pranowo-Taj Yasin sebagai pemenang, namun beda tipis dengan Sudirman Said-Ida Fauziyah. Adapun hasilnya:

1. Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin memperoleh suara sebesar 50,02 persen.
2. Pasangan Sudirman Said-Ida Fauziyah memperoleh suara sebesar 49,98 persen.