BREAKINGNEWS.CO.ID – Situs belanja online asal Cina, Alibaba kembali mendulang transaksi besar dalam festival hari belanja online atau Single’s Day yang diselenggarakan pada 11 November 2018. Namun tak hanya Alibaba yang berhasil meraup hasil besar, salah satu brand ternama yakni Apple juga berhasil meraih untung besar pada festival ini. Alibaba mengumumkan jika Apple iPhone menjadi produk mereka yang paling terjual pada hari belanja online dan mampu mengungguli beberapa vendor lokal seperti Xiaomi dan Huawei.

Sayangnya, Alibaba tidak menyebutkan beberapa angka pasti berapa keuntungan yang diarih oleh Apple dalam even belanja 24 jam itu. Namun Alibaba menyebutkan jika Apple menjadi satu dari 237 merek yang melampaui nilai penjualan hingga 100 juta yuan atau setara dengan Rp 213 miliar. Sementara itu, Samsung yang selalu disandingkan dengan Apple di segmen Smartphone premium justru terhempas di posisi kedelapan dalam penjualan di ajang Hari Jomblo 2018 di China.

Saat ini, posisi Samsung tengah lemah di pasar China. Berdasarkan data pengapalan smartphone global lansiran IDC, Huawei memang duduk di atas Apple di urutan kedua. Akan tetapi untuk penjualan di Singles' Day kali ini, Apple mengungguli Huawei yang menjadi merek terlaris kedua. Disusul Xioami di posisi ketiga. Sementara itu, Samsung yang selalu disaingkan dengan Apple di segmen ponsel premium justru terhempas di posisi kedelapan.

"Ini pertanda bagus untuk Apple, karena biasanya Xioami atau Huawei menjadi merek paling laris," ungkap Neil Shah, direktur riset dari firma riset pasar Counterpoint Research, seperti dilansir dari CBNC pada Selasa (13/11/2018). Lebih lanjut ia menganggap jika konsumen smartphone di China sudah lebih "matang" dan kini mulai banyak melirik perangkat high-end. "Karena iPhone XS dan iPhone XR harganya sangat mahal, mereka mencari harga terbaik (dalam ajang diskon) untuk membeli," jelas Shah.

Apple sendiri memang sedang berusaha bangkit di pasar Cina, di tengah gempuran produk lokal. Pemulihan penjualan mulai tampak pada beberapa kuartal terakhir ini. Pada kuartal keuangan terbaru yang berakhir pada bulan Spetember lalu, Apple berhasil meningkatan pendapatan hingga 16 persen secara year-on-year di China.