BREAKINGNEWS.CO.ID- Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo meminta Komisi X DPR RI mendorong Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Inasgoc berkoordinasi dengan Dewan Olimpiade Asia (OCA) untuk mempertimbangkan daya beli masyarakat terkait harga tiket Asian Games 2018. 
 
"Agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam mendukung suksesnya  penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia," ujar Bambang kepada wartawan di Jakarta, Jumat (13/7/2018). 
 
Bambang juga meminta Komisi X DPR RI supaya mendorong Kemenpora dan Inasgoc untuk mengajak stasiun tv swasta untuk menyiarkan langsung beberapa pertandingan olahraga, serta mengimbau Inasgoc  menyiapkan beberapa layar lebar di beberapa tempat. 
 
Hal tersebut kata Bambang sebagai upaya memberikan kesempatan bagi masyarakat yang tidak mampu membeli tiket, agar dapat menyaksikan secara bersama pertandingan olahraga pada event Asian Games Games 2018. 
 
Sebelumnya, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) memberi penjelasan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengenai penetapan harga tiket pembukaan dan pertandingan yang sempat dinilai kemahalan. 
 
Direktur Ticketing Inasgoc Sarman Simanjorang mengatakan, penetapan harga tiket merupakan kesepakatan bersama Dewan Olimpiade Asia atau Olympic Council of Asia (OCA).
 
"Jadi bukan semata-mata Inasgoc," kata Sarman usai bertemu Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota, Kamis, 5 Juli 2018.
 
Sarman melanjutkan, harga tiket ditetapkan sesuai dengan tingkat kepopuleran Asian Games sebagai perhelatan olahraga terbesar setelah Olimpiade. 
 
Kemudian, ujar Sarman, harga tiket Asian Games 2018 juga mempertimbangkan tingkat harga pada periode sebelumnya. "Asian Games Korea Selatan paling murah Rp 1,2 juta dan untuk VIP hampir Rp 8,4 juta," katanya.
 
Beberapa alasan lain yang disampaikan Sarman di antaranya bahwa harga tiket Asian games menyesuaikan nilai tukar rupiah dan kapasitas tempat duduk di Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk tiket pembukaan.