BREAKINGNEWS.CO.ID-Musim haji tahun depan mungkin akan semakin nyaman dengan adanya tambahan satu moda transportasi di Tanah Suci. Bahkan tambahan kenyamanan ini sudah akan dirasakan oleh jamaah umrah.

Pemerintah Arab Saudi dalam waktu dekat segera mengoperasikan kereta api berkecepatan tinggi. Kereta super-cepat yang diberi nama Haramain tersebut akan memulai operasi komersial pada 24 September mendatang, atau bertepatan dengan 14 Muharram 14. Kereta super cepat ini akan melayani rute antara Mekah dan Madinah melalui Jeddah dan Rabigh.

Mengutip sumber di Saudi Gazette (SG), semua gerbong Haramain siap untuk dioperasikan setelah berhasil menyelesaikan uji coba. Stasiun-stasiun kereta api ini yang berada di Mekah, Madinah dan Rabigh sudah dilengkapi dengan peralatan engkap. Kini sentuhan akhir proyek sarana uji oba sedang diselesaikan di stasiun Jeddah.

Rencananya nanti tiket kereta api Haramaian akan bisa dibeli melalui dengan membeli melalui cara on line di situs web Haramain High Speed ​​Rail Project. Selain itu juga akan ada delapan layanan perjalanan kereta di setiap hari antara kedua sisi tujuan Mekah dan Madinah hingga akhir tahun ini.

Layanan perjalanan kereta Haramian diharapkan pada awal bertambah pada tahun depan. Kala itu layanan perjalanan akan ditingkatkan menjadi 12 kali per hari. namun, frekuensi perjalanan kereta akan ditingkatkan di masa depan dengan melihat banyak sedikitnya permintaan.

Awal bulan ini, Menteri Transportasi Nabeel Al-Amoudi telah memeriksa kesiapan Kereta Kecepatan Tinggi Haramain antara sektor Mekah dan Jeddah.


Didampingi oleh Kepala Otoritas Transportasi Umum Rumaih Al-Rumaih dan CEO Perusahaan Kereta Api Saudi Bashar Al-Malik, kala Nabeel Al-Amoudi melakukan inspeksi ke Stasiun Kereta Api Jeddah di Sulaimaniyah dan Stasiun Kereta Api Mekah di Rusaifa. Bahkan dia juga melakukan perjalanan di kereta api antara kedua kota tersebut.

Nabeel Al-Amoudi memeriksa kesiapan Kereta Kecepatan Tinggi Haramain antara sektor Mekah dan Jeddah pada awal September itu.