BREAKINGNEWS.CO.ID - Siapa sangka, tim Malaysia yang memupus harapan Timnas Pelajar U18 Indonesia menuju babak final Kejuaraan Sepakbola Pelajar Asia 2019 hanya menjalani persiapan selama 10 hari.

Dengan persiapan sesingkat itu, Harimau Malaya Muda mampu mengalahkan Timnas Pelajar U-18 Indonesia yang dipersiapkan cukup lama pada laga babak semi final di Stadion Batakan, Balikpapan, Jumat (22/11/2019). Hebatnya lagi, dalam pertandingan yang sempat diwarnai kericuhan tersebut, Tim Harimau Malaya Muda sempat tertinggal lebih dulu. Bahkan mulai menit ke-68 babak kedua, mereka harus kehilangan satu pemainya Affa Danial Bin Waaki yang diganjar kartu merah oleh wasit asal Korea Selatan, Shannya Hyun dikarenakan menyikut wajah pemain Indonesia, Fernando Ahmad Fauzan. Belum lagi mereka harus menghadapi tekanan dari puluhan ribu pendukung Indonesia sepanjang pertandingan.

Fakta mengejutkan itu diungkapkan pelatih Tim Malaysia, Sabri Bin Abd Saffar kepada wartawan pada jumpa pers usai laga semi final kontra Indonesia.

"Persiapan kami hanya sepuluh hari. Para pemain yang kami bawa ke sini (ASFC Cup-red) adalah hasil pemantauan bakat melalui ajang Piala Kebangsaan atau kejuaraan antar negara bagian di Malaysia. Saya bersyukur meski persiapan kami sangat singkat namun para pemain dapat tampil maksimal dalam event ini," tutur Sabri.

Berbicara mengenai kemenangan di laga semi final kontra Indonesia. Sabri mengakui sukses tersebut lebih karena faktor keberuntungan.

"Indonesia bermain sangat bagus. Hanya saja kami lebih beruntung hari ini. Karena kalau sudah adu penalti kita tak bisa memprediksi. Makanya dalam babak adu penalti tadi kami sudah siap menerima apapun hasilnya. Alhamdulillah anak-anak mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Kita menang dan lolos ke final," pungkasnya.

Di laga final, Malaysia kembali akan berhadapan dengan Thailand yang mengalahkan Korea Selatan di semi final dengan skor tipis 1-0. Ini merupakan pertemuan kedua bagi kedua tim, setelah bertemu dalam laga fase penyisihan grup A yang dimenangkan oleh Thailand dengan skor 4-2.