BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Qatar sukses menjuarai Piala Asia 2019. Hasil itu didapat setelah menghancurkan Jepang di partai final. Berlaga di Zayed Sport City Stadium, Sabtu (1/2/2019) malam WIB, Qatar menang dengan skor 3-1.

Trigol kemenangan Qatar dicetak oleh Almoez Ali pada menit ke-12, Abdulaziz Hatem menit ke-27, dan Akram Afif pada menit ke-83 melalui tendangan penalti. Semenytara gol hiburan Jepang dicetak oleh Takumi Minamino pada menit ke-69.

Gelar Piala Asia 2019, merupakan raihan pertama mereka. Prestasi di turnamen ini semakin lengka dengan dinobatkannya Almoez Ali sebagai pencetak gol terbanyak turnamen dengan raihan 9 gol.

Pertandingain ini berjalan dengan tempo sedang di awal babak pertama. Kedua tim terlihat bermain sangat berhati-hati.

Tepat pada menit ke-12, Qatar mampu unggul terlebih dahulu lewat gol indah Almoez Ali. Menerima umpan silang dari Akram Hassan Afif, Ali mendapatkan bola dengan posisi badan membelakangi gawang.

Tidak kehilangan akal, Ali mencungkil bola untuk membuatnya melepaskan tendangan salto yang mengarah ke sudut kiri gawang Shuichi Gonda.

Tertinggal satu gol, Jepang berusaha bangkit. Namun, peluang mereka selalu mental di pemain bertahan Qatar.

Menit 27, Jepang kembali kebobolan. Adalah tendangan keras dari luar kotak penalti Abdulaziz Hatem yang berhasil membawa Qatar unggul 2-0. Skor itu bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Jepang bermain habis-habisan. Hasilnya, Takumi Minamino memperkecil kedudukan pada menit 69, usai lolos dari perangkap offside.

Namun sial bagi Jepang, Qatar sukses memperbesar keunggulan lagi melalui penalti Akram Afif di menit 83. Wasit menunjuk titik putih setelah Maya Yoshida melakukan handball di kotak terlarang. Skor jadi 3-1 untuk Qatar dan kedudukan ini bertahan hingga laga usai. Qatar pun keluar sebagai juara Piala Asia 2019.

Susunan Pemain

Jepang: Shuichi Gonda, Hiroki Sakai, Takehiro Tomiyasu, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Genki Haraguchi, Gaku Shibasaki, Tsukasa Shiotani, Ritsu Doan, Takumi Minamino, Yuya Osako

Qatar: Saad Al Sheeb, Abdulkarim Hasan Fadlalla, Tarek Salman, Boualem Khoukhi, Bassam Hisham, Pedro Miguel, Akram Afif, Assim Madibo, Abdulaziz Hatem, Almoez Ali, Hassan Al Haidos