BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton merajai sesi latihan bebas ketiga pada ajang Formula 1 GP Inggris 2018, di sirkuit Silverstone pada Sabtu (7/7/2018). Pembalap tuan rumah ini mengukir waktu tercepatnya dengan 1 menit 26, 722 detik dengan melahap 15 putaran. Pada sesi ini sempat dihiasi dengan kecelakaan yang dialami oleh pembalap Toro Rosso, Brendon Hartlrey.

Pembalap tim Scuderia Ferrari Kimi Raikkonen sempat memimpin dengan catatan waktu 1 menit 27,607 detik sebelum kecelakaan besar dialami Brendon Hartley yang memicu berkibarnya bendera merah.

Dari tayangan ulang tampak suspensi sisi kiri bagian depan dari mobil Hartley hancur menjelang titik pengereman tikungan Brooklands. Dalam kecepatan yang masih tinggi, mobil Toro Rosso STR13 yang ia kemudikan kehilangan kendali dan menghantam dinding pembatas dalam sudut yang sedikit miring akibat terjungkal di jebakan pasir.

Khawatir dengan kondisi Hartley, beberapa pembalap termasuk Sebastian Vettel menanyakan kondisi pembalap Selandia baru itu. Kabar baiknya, Hartley bisa keluar dari kokpit mobil tanpa ada cedera serius dan melambaikan tangan ke penonton saat berjalan menuju mobil medis F1. Sesi latihan kembali dilanjutkan dengan sisa waktu 33 menit.

Hamilton turun dengan kompon soft, tapi masih belum bisa melengserkan Raikkonen dari posisi puncak karena masih terpaut tipis 0,094 detik lebih lambat. Sementara tandem Hamilton, Vetteri Bottas harus puas menghuni urutan ketiga dengan waktu terbaiknya 1 menit 27, 364 detik. Meski demikaian ia masih mengungguli Vettel. Pembalap Scuderia Ferrari yang tak lain merupakan tadem Raikkonen itu, harus puas menghuni urutan keempat pembalap tercepat dengan waktu terbaiknya 1 menit 27, 851 detik.

Sementara posisi kelima dan keenam diisi oleh kedua pembalap Red Bull Racing, Max Vesrtappen dan Daniel Ricciardo. Sedangkan pada posisi ketujuh dan kedelapan dihuni oleh pembalap Sauber, Charles Laclerc dan pembalap Haas Racing, Kevin Magnussen.

Adapun pembalap Haas Racing lainnya, Marcus Ericsson dan pembalap Sauber, Esteban Ocon menguhi posisi kesembilan dan posisi kesepuluh pada sesi kali ini.