BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton tampil tak terbendung dalam sesi latihan bebas ketiga Formula 1 GP Jepang 2018. Pembalap Inggris ini untuk ketiga kalinya secara beruntun keluar sebagai pembalap tercepat dalam sesi tiga sesi latihan bebas yang berlangsung di sirkuit Suzuka, Tokyo, Jepang, sejak Jumat (5/10) hingga Sabtu (6/10/2018).

Dalam sesi latihan bebas ketiga ini berlangsung dalam kondisi lembab akibat hujan yang menguyur kota Tokyo dan wilayah sekitar sirkuit Suzuka sejak semalam suntuk. Meski masih dibayang-banyangi oleh awan mendung sejak pagi hari, namun para pembalap masih bisa turun dengan kompon kering begitu lampu hijau di ujung pit lane menyala.

Nico Hulkenberg memimpin antrean dan menjadi yang pertama mencatatkan waktu. Tapi adalah pembalap Scuderia Ferrari, Kimi Raikkonen yang memimpin di awal-awal setelah membukukan 1 menit 30,054 detik. Sebastian Vettel berusaha mengalahkan raihan waktu rekan setimnya tersebut tapi hanya bisa menempati posisi kedua, terpaut 0,107 detik lebih lambat.

Tak lama setelah pembalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas mencetak waktu untuk naik ke posisi tiga, tetesan air mulai sedikit terlihat. Sang pemuncak klasemen, Lewis Hamilton, tampak kesulitan dengan perubahan kondisi ini setelah melebar di chicane terakhir. Padahal ia sudah mencatatkan waktu tercepat di sektor pertama.

Intensitas hujan yang meningkat membuat pembalap-pembalap kembali ke garasi dan hasilnya trek menjadi sepi. Di sisa 30 menit terakhir Bottas mencoba turun ke trek untuk memeriksa kondisi lintasan. "Kondisi trek oke, tapi kerb masih basah," lapor pembalap Finlandia itu di radio.

Perlahan-lahan matahari kembali bersinar terik dan pembalap-pembalap pun kembali meramaikan trek. Saat berusaha mempertajam waktunya, Raikkonen kehilangan kendali bagian belakang mobilnya di Tikungan 6. Kesulitan Raikkonen tampaknya juga dialami Vettel yang berkata di radio, "Saya masih kesulitan dengan bagian belakang mobil di sektor pertama".

Vettel sempat mengambil alih posisi pertama sebelum raihan waktunya dikalahkan oleh Hamilton yang menorehkan waktu 1 menit 28,599 detik saat sesi tinggal menyisakan waktu 10 menit.

Sesi latihan terakhir berakhir prematur setelah kecelakaan yang dialami Nico Hulkenberg. Pembalap Renault itu sedikit melebar dan melindas rumput setelah melewati Tikungan 4 dan akibatnya ia melintir hingga bagian belakang mobilnya menghantam keras dinding pembatas di luar Tikungan 5.

Bendera merah dikibaskan agar para marshal bisa mengevakuasi mobil Renault R.S.18 yang terdampar di jebakan kerikil. Sesi tidak dilanjutkan dan catatan waktu Hamilton tetap menjadi yang terbaik di depan duo Ferrari. Sementara Max Verstappen menjadi pembalap tercepat keempat sementara Bottas menyusup di antara duo Red Bull di urutan kelima, unggul dari Daniel Ricciardo.

Pembalap Force India, Esteban Ocon, memperbaiki waktunya di paruh akhir sesi dan naik ke posisi ketujuh, menyamai hasil yang ia raih di dua sesi sebelumnya. Sergio Perez menempel di belakang rekan setimnya tersebut. Carlos Sainz dan Kevin Magnussen melengkapi sepuluh besar.