BREAKINGNEWS.CO.ID – Lewis Hamilton akan memulai sesi balapan kandangnya pada ajang Formula 1 GP Inggris 2018 dari gird terdepan. Hal itu dipastikan usai pembalap Mercedes AMG Petronas ini mengamankan pole position pada sesi kualifikasi yang berlangsung di sirkuit Silverstone pada Sabtu (7/7/2018) WIB.

Hamilton yang tampil di hadapan publiknya tersebut, tampil mendominasi hampir semua sesi jelang balapan ini. Hamilton hanya kecolongan pada sesi latihan bebas kedua. Pada sesi tersebut ia hanya mampu keluar sebagi pembalap tercepat kedua dengan raihan waktu terbaiknya 1 menit 27, 739 menit. Hamilton hanya kalah cepat 0,187 dari rival terberatnya musim ini, Sebastian Vettel yang berada di puncak. Namun pada tiga dua sesi lainnya ia mampu keluar sebagai yang tercepat.

Dominasinya terus ia lanjutkan pada sesi kualifikasi ini. Sekali lagi ia mampu tampil sebagai yang tercepat usai menorehkan waktu terbaik 1 menit 25, 892 menit. Raihan wakjtu yang ditorehkan Hamilton tersebut lebih cepat hanya 0, 044 detik dari Vettel yang berada di posisi kedua pada sesi kali ini. Pembalap Scuderia Ferrari ini mencetak waktu putaran terbaiknya 1 menit 25, 936 detik.

Sementara itu, Kimi Raikkonen akan menempati grid ketiga pada sesi balapannya kali ini. Pembalap Scuderia ini menorehkan waktu terbaiknya 1 menit 25, 990 detik. Sedangkan tandem Hamiltoh, Valtteri Bottas akan berada di grid keempat usai membekukan waktu terbaiknya 1 menit 26, 217 detik.

Pada grid kelima akan ditempati oleh pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen. Pembalap asal Belanda ini tampil kurang menyakinkan di belakang kemudi RB14-nya. Ia hanya mampu menorehkan waktu terbaiknya 1 menit 26, 602 detik, atau terpaut 0,710 detik dari Hamilton. Sementara tandemnya, Daniel Ricciardo akan menempati grid keenam. Pembalap asal Austraria ini membekukan waktu 1 menit 27, 099 detik.

Di grid ketujuh akan ditempati oleh pembalap Haas Racing, Kevin Magnussen. Pembalap asal Swiss tersebut menjadi pembalap non unggulan pertama yang mampu mencetak raihan terbaik dengan 1 menit 27, 244 detik. Sedangkan pada grid kedelapan akan ditempati oleh tandemnya, Romain Grosjeans. Pada grid kesembilan akan diisi oleh pembalap Suber Charles Leclarc. Sementa pada grid kesepuluh ditempati oleh pembalap Force India, Sergio Perez.

 

Alonso Terpuruk

Meski telah dipasangi mesin pembakaran dalam dan MGU-H yang baru, Fernando Alonso gagal menembus babak penentuan pole. Raihan terbaik pembalap McLaren itu hanya cukup untuk mengisi posisi ke-13, di depan Pierre Gasly yang pada percobaan terakhirnya menggusur Marcus Ericsson ke posisi ke-15. Carlos Sainz tampil di bawah performa biasanya dan hanya bisa menempati urutan ke-16. Pembalap Renault itu tereliminasi di Q1 dan hanya terpaut 0,057 detik lebih lambat untuk bisa lolos ke babak berikutnya.