BREAKINGNEWS.CO.ID – Lewis Hamilton keluar sebagai yang tecepat di latihan bebas pertama Formula 1 GP Jepang 2018. Pembalap Mercedes AMG Petronas itu menoehkan waktu terbaiknya dengan 1 menit 28,691 detik dengan melahap 25 lap di sirkuit Suzuka, Jumat (5/10/2018).

Sesi pembuka GP Jepang ini berlangsung dalam kondisi cuaca mendung dan sebagian pembalap tampak tidak sabar untuk segera turun ke trek. Marcus Ericsson menjadi yang pertama mencatatkan waktu, 1 menit 35,111 detik, yang tentunya dengan cepat berhasil dikalahkan oleh duo Red Bull, Daniel Ricciardo dan kemudian Max Verstappen.

Pada menit ke-15, Ricciardo kembali mengklaim posisi teratas dengan raihan waktu 1 menit 30,030 detik, atau 0,045 detik lebih cepat dari Verstappen. Keduanya sama-sama memakai kompon soft. Beberapa menit kemudian, kedua pembalap Ferrari dan Mercedes ikut meramaikan lintasan. Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen turun dengan kompon terlunak pekan ini, supersoft, tapi Vettel mengunci bannya dan melebar di chicane terakhir pada percobaan awalnya.

Sementara Hamilton memilih membuka program latihannya dengan menjajal kompon terkeras pekan ini, medium. Pada percobaan hotlap pertamanya ia menempati posisi ketiga sebelum turun satu tingkat setelah perbaikan waktu Veltteri Bottas yang dilakukan dengan kompon soft.

Setengah jam terlewati, Hamilton, masih dengan kompon terkeras, mampu mempertajam waktunya dan melengserkan Ricciardo dari posisi pertama meski sedikit terhambat traffic di penghujung lap. Tapi tak lama kemudian, Bottas bisa lebih cepat lagi dan duo Mercedes terpisah oleh Vettel yang menyusup ke posisi dua.

Pada percobaan berikutnya, Hamilton mengalami momen menakutkan ketika dalam kecepatan tinggi setelah Tikungan 130R ia menemui Pierre Gasly yang melaju sangat pelan menjelang chicane terakhir.

Hamilton harus menghindar di detik-detik terakhir agar tak terjadi tabrakan besar dan melebar ke escape road. Pembalap Inggris Raya itu tampak geram dan mengangkat tangannya ke arah Gasly. Steward pun akan menginvestigasi insiden ini usai latihan bebas pertama.

Menjelang 30 menit terakhir, Bottas beralih ke kompon medium dan mampu mempertajam waktunya menjadi 1 menit 29,137 detik. Sementara rekan setimnya melakukan hal berlawanan dengan memasang kompon soft dan mencetak waktu lebih cepat 0,446 detik dari Bottas untuk memimpin sesi.

Vettel kembali turun ke lintasan masih dengan supersoft dan membukukan waktu ungu di sektor pertama, tapi ia terkena traffic di chicane terakhir dan gagal menggusur duo Mercedes di atasnya.

Ricciardo dan Raikkonen memperbaiki waktu mereka dan naik masing-masing ke posisi tiga dan empat, sementara Vettel berakhir di urutan kelima. Verstappen melengkapi enam besar, terpaut 1,150 detik lebih lambat dari Hamilton.

Esteban Ocon memimpin kontigen pembalap non-unggulan di urutan ketujuh, mengungguli Romain Grosjean, dan duo Sauber, Charles Leclerc dan Marcus Ericsson.
Suzuka terbukti menjadi sirkuit yang menantang setelah beberapa pembalap kehilangan kendali dan melintir. Sergio Perez melindas rumput dan melintir di chicane terakhir, Gasly kehilangan kendali dan melintir ke rerumputan sebelum kombinasi tikungan esses, sementara Fernando Alonso melindas rumput di Degner 1 dan melintir ke jebakan kerikil.